20 June 2016

Coba Dulu Beberapa Cara Memperbaiki Keyboard Laptop ini, Sebelum Ke Services Laptop

  4 comments
Masalah Kerusakan pada keyboard laptop merupakan problem yang cukup marak terjadi di kalangan pengguna komputer Jinjing satu ini.
Hal ini bisa ditegaskan dengan data bahwa untuk bulan ini saja Volume pencarian disitus telusur Google khusus Indonesia untuk sebuah kata kunci "Cara memperbaiki keyboard Laptop" sampai menyentuh angka 16.000 kali dicari dimesin telusur selama bulan Juni 2016.  
Image From Google Image Search

Beberapa hari lalu pernah Juga saya mengalami hal yang serupa, walaupun bermasalah bukan Keyboard laptop milik saya, melainkan milik teman saya. Saya hanya dimintai tolong untuk menganalisa dan menebak penyebab kerusakan pada keyboard laptopnya dan Jika bisa ia meminta tolong pula untuk memperbaiki keyboard laptopnya.
Nah, mungkin beberapa pengalaman saya ini bisa menjadi Tips untuk memperbaiki keyboard laptop yang bermasalah. tanpa harus mengeluarkan Kocek kepada tukang service

Analisa Kerusakan keyboard. 

Untuk bisa memperbaiki kerusakan pada keyboard tentunya anda harus mengetahui dahulu dimana letak kerusakanya dan apa penyebab rusaknya keyboard tersebut. dan untuk memulai semua itu tentunya anda harus memperhatikan apa efek atau gejala yang muncul dari rusaknya keyboard tersebut, umumnya ada beberapa gejala kerusakan pada keyboard laptop yaitu :
  1. Salah satu tombol pada Keyboard tidak berfungsi atau tidak bekerja
  2. Salah satu Tombol yang ditekan tidak sesuai dengan karakter yang tampil
  3. Salah Satu deretan (q,w,e,r,t,y,u,i,o,p) tombol Keyboard yang sama sekali tidak berfungsi
  4. Beberapa tombol karakter alfabet jika ditekan malah menampilkan angka . Contoh tekan i yang tampil angka 5
  5. Ada tombol yang terus menerus tertekan padahal tidak disentuh
  6. Ketika ditekan salah satu tombol akan terus menerus tampil padahal hanya ditekan sekali
  7. dan masih banyak lagi gejala-gejala atau tanda-tanda yang timbul saat keyboard laptop anda mengalami masalah 

Kemungkinan kerusakan

  1. Error Karena masalah di Sisi Software
  2. Error karena masalah di sisi Hardware

Aktifnya Fungsi Numeric (NumLk)

Sepengetahuan saya sejauh ini, Keyboard laptop rusak yang di sebabkan oleh software biasanya terjadi hanya karena Fungsi tombol numeric pada keyboard sedang dalam keadaan aktif, Gejala yang ditimbulkan adalah dengan tertukarnya fungsi tombol m, j, k, l, u, i, o, dengan tombol 0,1,2,3,4,5,6.

Dan untuk menyelesaikan masalah seperti ini cukup dengan menekan tombol Fn dan Tombol NumLk secara bersamaan
Tekan Fn & NumLk Bersamaan

Jika masalah atau gejala kerusakan pada Laptop anda berbeda dengan yang diatas (Aktifnya Fungsi NumLk) maka kemungkinan besar penyebab kerusakan ada di sisi Hardware. Namun jangan dulu kuatir, siapa tahu salah catu cara dibawah bisa menyelesaikan Masalah kerusakan pada keyboard laptop anda

Tombol keyboard yang kotor atau berdebu

Apabila didapati hanya ada satu tombol pada keyboard laptop yang mengalami Masalah, atau salah satu tombol pada laptop saja yang rusak atau tidak befungsi maka kerusakan masih terbilang ringan karena kerusakann seperti ini biasanya bisa ditebak letak kerusakanya ada pada Tuts atau Karet yang berada di bawah tombol tersebut (Tombol yang tidak berfungsi tadi).


From Panduan Komputer
Solusinya : Copot tombol tersebut dari keyboard dengan hati-hati lalu bersihkan tuts yang berada dibawahnya dengan sikat kecil atau bisa juga menggunakan alkohol. karena biasanya hal seperti ini disebabkan oleh kotoran dan debu yang menempel pada tuts Keyboard.

Socket Fleksibel yang Bermasalah

Berdasarkan pengalaman yang sudah lewat, pernah juga ada keyboard laptop yang rusak dengan indikasi satu deret tombol yang tidak berfungsi dan ini disebabkan ada masalah pada socket kabel fleksibel keyboard

Solusinya : Lepaskan Keyboard dari laptop anda, dan Bersihkan ujung kabel fleksibel Keyboard serta bersihkan juga socket tempat kabel fleksibel dipasang yang ada di Board Laptop. dan jangan lupa untuk memasangkan kembali Socket tersebut dengan rapi dan Lurus jangan sampai ada yang miring.

Solusi Terakhir dari Saya

Sebenarnya masih ada beberapa cara lagi untuk memperbaiki Keyboard laptop yang rusak yang disebabkan error pada Hardware-nya.

Contohnya saja ada salah satu Video di Youtube yang di Upload oleh Duwi Arsana tentang cara memperbaiki Keyboard laptop dengan cara membersihkan lapisan bawah tuts (Dibawah karet) pada tombol keyboard menggunakan Cutter. dan cara tersebut berhasil di praktekan oleh beliau.
From Panduan Komputer

From Panduan Komputer
Namun bagi anda dan terlebih untuk saya sendiri yang notabenenya bukan seorang tukang service, sebaiknya untuk tidak melakukan hal-hal yang beresiko menambah kerusakan pada bagian lain pada Laptop. Alangkah baiknya jika langsung mengganti keyboard yang bermasalah dengan keyboard baru.

Jangan kecewa dengan saran saya untuk mengganti Keyboard baru, karena maksud saya adalah yang akan mengganti keyboard ini adalah kita sendiri tanpa perlu ke tukang service lagi.

Coba anda hitung sendiri, Nominal paling murah untuk jasa Servis keyboard (Padahal aslinya mengganti keyboard Baru) ditempat saya berkisar paling murah Rp.50.000 ,

dan itu diluar harga Keyboard yang dijual dengan harga rata-rata dikisaran Rp.150.000 bahkan ada yang sampai di atas Rp.250.000 (Silahkan Cek harga online) itupun masih di Luar ongkir (Jika beli Online).

Jadi jika di total kira-kira nominal yang dibutuhkan untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak berkisar +- Rp.300.000


Hunting Keyboard Murah dan Berkualitas

Seperti cerita saya diawal, beberapa hari lalu saya sempat mengganti keyboard Laptop yang rusak dengan biaya yang tidak sebesar Perkiraan nominal yang bahas sebelumnya. Kali ini Keyboard laptop yang bermasalah adalah Laptop Acer Aspire 4752.

Perlu anda tahu bahwa keyboard Acer Aspire 4752 ini ternyata sama dengan bentuknya dan bisa digunakan untuk Beberapa varian Laptop Acer lainya seperti Acer Aspire 4750,Acer Aspire 4752,Acer Aspire 4736,Acer Aspire 4738,Acer Aspire 4739,Acer Aspire 4740,Acer Aspire 4741,Acer Aspire 4935,Acer Aspire 4349,dan Acer Aspire 4810

Setelah beberapa kali saya mengunjungi beberapa toko Online untuk membandingkan harga dan kualitas keyboard untuk Laptop Acer ini akhirnya saya menemukan sebuah Lapak yang menjual Keyboard laptop kondisi Baru dengan harga termurah yaitu Rp.42.000.

Namun karena alamat toko pengirim berada di Jakarta dan saya sendiri berdomisili di Sulawesi Maka Nilai keyboard + Ongkir Menjadi sekitar Rp.90.000. Tak Apalah, asal masih lebih murah dibandingkan dengan toko lainya kan.

Tukang Service Gadungan

Jika keyboard pengganti sudah ada, maka sekarang masuk ke tahap Replace Keyboard rusak dengan keyboard baru

Yang dibutuhkan hanya 2 Yaitu :
  • Obeng Minus Kecil
  • Ketelitian (Menghindari lecet pada body Laptop)

Perhatikan dibagian atas deretan Tombol ESC Sampai Delete terdapat 5 buah pin penahan keyboard yang berukuran kecil. yang tepatnya berada tepat di atas Tombol ESC, Tombol F4, Tombol F8, Tombol F12 dan terakhir di Tombol Del

Perhatikan juga dibagian Kiri dan kanan keyboard masing-masing memiliki 2 pin penahan yang berada tepat disamping Tombol Del, Tombol Pg Up, Tombol Esc dan Tombol Tab.

Gunakan Obeng minus untuk mendorong kebelakang Ke 5 Pin penahan yang berada di baris Atas satu persatu dimulai dari Pin yang ada di atas tombol Del hingga Pin yang ada di atas Tombol Esc

Dorong juga Pin yang ada disamping Kiri dan Kanan sambil mencungkel keyboard keluar dari dudukan Laptop secara perlahan dan hati-hati dan penuh perasaan,

Saat Keyboard mulai terangkat, jangan langsung menariknya keluar dari dudukan, karena anda harus melepaskan dahulu kabel Fleksibel Keyboard yang masih terhubung dengan Board Laptop.

Untuk melepaskan Kabel Fleksibel bisa anda gunakan Obeng mines tadi atau menggunakn ujung kuku anda dengan mengangkat penahan socket keatas secara perlahan. saya menyarankan untuk menggunakan Ujung kuku saja saat membuka Socket ini karena lebih mudah dilakukan dan mudah dikontrol

Setelah terlepas, pasang kabel Fleksibel dari Keyboard baru ke Socket yang ada di board tadi di lanjutkan dengan memasang keyboard baru ke dudukannya dan menekan sudut-sudut keyboard agar kembali rapi ke tempat semula

Demikian akhir cerita pengalaman saya Mengganti Keyboard laptop Acer aspire 4752 yang rusak dan bermasalah pada Keyboardnya

4 comments :

  1. fungsi Fn + NumLk laptop saya berubah menjadi mengatur cahaya Lampu LCD agar berkurang. Kira-kira solusinya apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang aslinya untuk atur contras pake tombol apa gan?

      Delete
  2. bagus sekali infonya,
    trimakasih.

    www.holytrix.blogspot.com/2016/12/mengatasi-tombol-keyboard-tertekan.html

    ReplyDelete