24 January 2018

Menghubungkan Arduino dengan 7 Segment Menggunakan Shift Register 4094

Assalamualaikum
Di tengah waktu luang yang begitu banyak (Maklum pengangguran) saya menyempatkan diri untuk kembali belajar Menggunakan Arduino, khususnya tentang mengkoneksikan atau menghubungkan arduino dengan led 7 Segment dengan perantara Shift Register 4094.

Awalnya saya sudah berhasil menghubungkan atau menampilakan Karakter di 7 segment tanpa bantuan Shift Register, namun kendalanya jika tanpa shift register maka akan makan banyak pin Arduino sehingganya mungkin jika tanpa shift register maka hanya akan cukup untuk 2 buah Led 7 Segment saja.

Karena kendala di ataslah maka saya mencoba mencari solusi dari internet, dan hasilnya saya menemukan sebuah kata kunci atau keyword yaitu "Menggunakan Shift Register". Kembali saya mencoba mencari tutorial tentang bagaimana cara menampilkan karakter pada 7 Segment dengan Shift Register, Kebanyakan tutorial yang saya dapati menggunakan Shift Register 74HC595, sedangkan saya sendiri tidak memiliki yang tipe seperti itu, Shift register yang saya miliki adalah tipe CD4094BCN yang saya ambil dari papan rangkaian penampil waktu Bekas Wartel jaman dulu.

Setelah Browsing sana sini akhirnya ketemu juga caranya, dari situs bule (Maaf saya lupa linknya), nah biar besok2 saya tidak lupa lagi cara menggunakan shift register 4094 ini makanya saya tulis di blog ini, siapa tahu juga ada teman-teman yang tertarik menggunakan Shift Register bisa langsung membaca dan mempraktekan tutorial yang ada di Artikel ini.

4 buah 7 Segment+4094
Oia dengan menggunakan Shift Register 4094 ini kita bisa menggunakan banyak 7 Segment tanpa harus takut kehabisan Pin pada Arduino, karena berapapun jumlah 7 Segment yang digunakan, Jumlah pin IO yang akan digunakan pada arduino tetap hanya 3 pin saja (Ditambah 2 lagi untuk GND dan 5V).

yang perlu disiapkan adalah : 
  1. Arduino Uno (Tipe lain juga bisa)
  2. 7 Segment Anoda/katoda (Berapapun yang anda punya)
  3. Shift Register 4094 (Jumlahnya disesuaikan dengan jumlah 7 Segment)
  4. Kabel Jumper
  5. Breadboard

Sebelum masuk ke Wiring atau jalur pemasangan kabel ada baiknya teman-teman mengetahui dulu pinout atau kaki kaki dari Shift Register 4094 dan juga 7 Segment biar mudah menganalisa jika terjadi kesalahan.

Shift Register 4094 Pinout
IC 4094 Pinout

Led 7 Segment Pinout

Oke setelah mengetahui Pinout atau kaki kaki dari Shift Register 4094 dan 7 segment maka selanjutnya langsung aja ke diagram atau wiringnya yang bisa teman teman lihat pada gambar dibawah ini

Informasi Tambahan : 

  1. Pada Rangkaian di atas saya menggunakan 7 Segment Common Anoda Sehingga Pin Common 7 Segment saya hubungkan dengan VCC atau 5V
  2. Jika anda menggunakan 7 Segment Common Cathode maka Pin Common di hubungkan ke Ground
  3. Ada Pin yang kurang atau tidak ada pada IC 4094 dari gambar diatas, Pin yang tidak ada digambar adalah pin/kaki nomor 8 atau Vss, kaki Vss ini dihubungkan ke Ground
  4. Sumber tegangan 5V bisa ambil dari Power supply extrernal atau dari Pin 5V arduino

Langkah selanjutnya adalah memasukan Sketch atau kode program kedalam Arduino, namun sebelumnya install dulu Library EmSevenSegment kedalam Arduino IDE anda caranya :

  1. Download Library EmSevenSegment 
  2. Buka Arduino IDE lalu menuju menu Sketch - Include Library - Add .ZIP Libary lalu pilih file Library yang sudah didownload sebelumnya

Sketch / Kode Program

Penjelasan Tambahan :
  1. Huruf A pada baris EmSevenSegment disp(4,'A',4,3,2); artinya adalah 7 Segment yang digunakan berjenis Anoda atau Common Anode, maka dari itu jika menggunakan 7 Segment jenis Katoda atau Common Cathode ganti huruf A dengan huruf C
  2. Contoh Sketch lainya bisa anda coba melalui menu Examples Arduino IDE 
  3. Penjelasan lebih lanjut tentang funsi dari tiap perintah bisa anda baca langsung dari Kontributor librari EmSevenSegment dengan mengklik Link ini

Oke Sekian dan Terima kasih
Wassalam


1 komentar so far

Kalo bisa ada skema diagram dan pemograman nya ... supaya bisa di praktekan langsung


EmoticonEmoticon