14 May 2017

Tutorial Ampuh Atasi "PMT Changed For The ROM: It Must Be Downloaded" Pada SP Flash tools

Tags

Assalamualaium
Sore tadi, seorang teman yang minta tolong ke saya untuk mengecek Androidnya yang katanya Error. Setelah saya cek, ternyata memang benar saja, Setiap kali dihidupkan Android milik teman saya ini yang kebetulan mereknya adalah Oppo yoyo (R2001) ini tidak bisa masuk ke Homescreen karena nyangkut di Recovery mode. Sudah saya coba Wipe data/ Cache namun masih tetap kembali ke Recovery mode setiap kali Oppo yoyo ini dihidupkan.
Tutorial Ampuh Atasi "PMT Changed For The ROM: It Must Be Downloaded" Pada SP Flash tools

Langkah selanjutnya saya mencoba flashing Oppo yoyo ini melalui Recovery mode, Caranya :
  1. Saya mendownload File ROM untuk Oppo Yoyo (R2001) dari situs Resmi Oppo
  2. Setelah didownload ROM yang dalam bentuk ZIP tersebut saya letakkan di Eksternal Memory/SD Card dan saya letakan diluar folder
  3. Setelah itu pada menu Recovery mode saya memilih Install From SD lalu saya pilih ROM yang tadi sudah ditaruh didalam memory eksternal
    Tutorial Ampuh Atasi "PMT Changed For The ROM: It Must Be Downloaded" Pada SP Flash tools
  4. Otomatis, proses flashing akan mulai berjalan

Setelah Selesai flashing saya coba reboot kembali, namun ternyata Masalah masih belum teratasi, karena lagi-lagi setelah dihidupkan Oppo yoyo ini kembali masuk ke menu Recovery

Karena gagal dengan cara diatas maka saya coba Melakukan flashing kembali menggunakan PC dengan bantuan aplikasi SP Flash Tools, Caranya adalah sebagai berikut :
  1. Untuk melakukan Flashing menggunakan SPFT (SP Flash Tools) maka ROM yang akan digunakan berbeda dengan ROM yang digunakan saat melakukan flashing menggunakan Recovery mode, akhirnya mau tidak mau saya mendownload kembali ROM untuk Flashing menggunakan SPFT melalui link ROM Oppo R2001
  2. Setelah didownload Extract File ZIP tersebut menggunakan Winrar (Pass RAR : oppo2)
  3. Selanjutnya install juga Driver USB MTK
  4. dan yang paling penting yaitu Download juga aplikasi SP Flash Tools Versi 5
  5. Setelah semuanya siap, buka atau jalankan aplikasi SPFT lalu Klik tombol Scatter Loading, lalu arahkan ke folder hasil extract dari ROM yang tadi sudah didownload, lalu pilih File Scatternya
    Tutorial Ampuh Atasi "PMT Changed For The ROM: It Must Be Downloaded" Pada SP Flash tools
  6. Pada menu dropdown pilih Download Only lalu klik Download
  7. Matikan Oppo yoyo, untuk memastikannya saya mencopot baterai selama kurang lebih 5 detik selanjutnya saya pasang kembali baterainya.
  8. Masih dalam posisi Off, saya menekan dan menahan tombol Volume Up, diwaktu yang bersamaan saya mencolok kabel USB dari PC ke Smartphone Oppo hingga Oppo terdeteksi pada aplikasi SPFT.

Nah disini saya menemukan masalah baru yaitu ketika PC sudah mendeteksi adanya Oppo yoyo tiba-tiba SPFT memberikan pesan Error berupa "PMT Changed For The ROM:it Must Be Downloaded". dan proses flashing pun tidak berhasil lagi.
Tutorial Ampuh Atasi "PMT Changed For The ROM: It Must Be Downloaded" Pada SP Flash tools
Sebelum saya mengulangi kembali proses flashing dari Awal saya mencoba melakukan Format dengan cara
  • pada SPFT saya klik tab Format lalu pada radio button saya pilih Auto Format Flash dan Format whole flash except bootloader dilanjutkan dengan menekan tombol Start
  • Setelah proses Format selesai saya mengulangi kembali melakukan Flashing dan Sukses ditandai dengan adanya notifikasi sukses yang ditampilkan oleh SPFT

Sampai pada tahap ini seharusnya Oppo yoyo sudah bisa kembali hidup normal setelah di reboot/restart , namun pada kasus kali ini, flashing menggunakan SPFT masih tetap saja belum menyelesaikan masalah, karena lagi-lagi Oppo Yoyo (R2001) milik teman saya ini masih kembali masuk ke Recovery mode

Karena sudah berulang-ulang kali diflash namun masih tetap saja bermasalah, saya pun menaruh curiga penyebab kerusakan ada pada perangkat kerasnya. Asumsi saya kemungkinan besar Tombol volume Down yang ada pada Oppo milik teman saya ini mengalami kerusakan sehingga setiap kali direstart tombol Volume Down tertekan bersamaan dengan tombol Power sehingganya selalu masuk ke recovery mode. 

Penasaran dengan asumsi tersebut, saya mencoba membongkar Casing belakang agar tombol volume tidak terjepit. setelah saya coba hidupkan dengan menekan tombol power, ternyata benar Masalahnya ada pada tombol Volume Down yang tertekan. karena saat tombol volume down saya longgarkan kini Oppo Yoyo (R2001) sudah bisa hidup kembali dan masuk ke menu Homescreen seperti dalam keadaan normalnya.

Dari pengalaman ini saya mendapatkan pelajaran berupa 
  • Cara Flashing Oppo Yoyo (R2001) Tanpa PC alias dengan menggunakan Recovery Mode
  • Cara Flashing Oppo Yoyo (R2001) menggunakan SP Flash Tools
  • Mengatasi Masalah PMT Changed For The ROM: It Must Be Downloaded


Sekian cerita saya hari ini, 
Terima kasih
Wassalam .

2 komentar


EmoticonEmoticon