31 August 2016

Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall

  1 comment
Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall ini ditulis berdasarkan pengalaman saya, yang artinya Tutorial yang ada di Postingan ini benar-benar sudah saya lakukan dan berhasil 100% pada kasus yang saya alami.

Bermula dari adanya seorang client saya (Rt/Rw Net)  yang mengeluhkan tentang koneksi Internet di rumahnya yang sering kali mengalami gangguan, dan pada akhirnya selama 3 hari sudah Internet dirumahnya tidak jalan atau tidak berfungsi seperti biasanya.
Baca juga : Memulai Usaha RT/RW Net
Sebagai penyedia layanan Internet untuk skala kecil (RT/RW Net) maka saya pun mau tidak mau harus memperbaiki masalah ini. Langkah pertama yang saya ambil adalah memeriksa kondisi internet pada client client saya yang lain, dan ternyata tidak ada masalah karena pada client lainnya, internet dalam keadaan normal dan tidak ada gangguan yang serupa dengan Client saya yang satu ini.
Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall

Kesimpulan awal yang saya ambil adalah, bahwa masalah yang sedang terjadi ini ada pada perangkat yang ada pada client saya ini. Ada 2 buah perangkat yang digunakan oleh Client saya ini, Yaitu Mikrotik SxT 5nD r2 yang difungsikan sebagai penerima (Receiver) signal dari AP Utama milik saya. dan perangkat 1 nya lagi adalah Home Router D-Link DIR-600 yang difungsikan untuk menjadi AP Pemancar di dalam rumah yang terhubung dari SxT 5nD r2 yang difungsikan sebagai penerima (Receiver) tadi.
Menarik dibaca : RT/RW Net Sistem Voucher
Ternyata benar saja, ini dibuktikan dengan tidak adanya SxT 5nD r2 yang terhubung ke AP Utama saya. Akhirnya saya pun mencoba mengakses melakukan konfigurasi kembali pada SxT tadi menggunakan Winbox, namun sayangnya  SxT tidak bisa dideteksi dari Winbox ataupun Webfig.
Terkait : Konfigurasi RB750 Dengan mudah
Berselang 1 Hari, kerusakan ini menjadi makin parah, karena Kabel LAN yang terhubung dari SxT ke PC/Laptop tidak terdeteksi lagi. Untung saja client saya ini termasuk orang yang berduit, akhirnya ia memutuskan untuk membeli AP Penerima baru untuk menggantikan SxT yang bermaslah ini. Dan syukurnya juga SxT 5nD r2 ini dihibahkan kepada saya tanpa biaya sepeserpun. :D
Lainya : Kupas Tuntas Pembahasan TP-Link WA5210G
Akhirnya saya mencoba untuk memperbaiki SxT 5nD r2 yaitu dengan melakukan instalasi OS kembali pada Mikrotik ini dengan bantuan Netinstall dan hasilnya pun sangat menggembirakan, karena SxT 5nD r2 ini bisa pulih kembali seperti sedia kala.

Langkah-langkah yang saya lakukan untuk memeperbaiki SxT 5nD r2 ini adalah sebagai berikut :
  1. Saya mencolok kabel LAN dari SxT 5nD r2 ke PC, namun hasilnya mengecewakan karena LAN dari SxT tidak terdeteksi di PC saya.
  2. Saya mencoba melakukan Reset dengan menekan tombol Reset yang ada pada SxT 5nD dengan harapan setelah melakukan Reset maka Mikrotik SxT ini bisa terdeteksi di PC, namun hasilnya masih nihil
    Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall
  3. Selanjutnya saya mencoba melakukan Reset dengan cara menempelkan Obeng kembang pada Lubang Config Reset pada SxT. Kabel LAN yang terpasang di SxT saya cabut untuk mematikan/Turn Off SxT, lalu saya menempelkan Obeng Kembang pada lubang Config Reset. kurang lebih 5 detik barulah saya pasangkan kembali Kabel LAN ke SxT untuk menghidupkanya kembali namun Obeng masih tetap tertempel di Config Reset.  setelah kurang lebih 20 Detik barulah saya melepas obeng dari Config Reset.
    Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall
  4. SxT saya matikan lalu saya hidupkan kembali, hasilnya, Mikrotik SxT 5nD r2 sudah terdeteksi di PC namun belum bisa di akses Via winbox ataupun webfig
  5. Sampai disini satu masalah sudah teratasi, yaitu SxT sudah bisa terdeteksi di komputer dengan menghubungkan kabel LAN dari PC ke SxT.
  6. Langkah selanjutnya adalah melakukan Install atau ada yang menyebutnya Flashing
  7. Saya mendownload Netinstall dan File NPK untuk SxT 5nD r2 (mipsbe)
  8. Setelah kedua bahan tersebut tersedia, maka hal yang pertama di lakukan adalah melakukan settingan IP Address pada LAN Ethernet PC menjadi Statik IP 
    Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall
  9. Buka/Jalankan aplikasi Netinstall yang tadi di Download, setelah terbuka klik menu Net booting, lalu centang Boot Server Enabled, pada kolom Client IP Address isi dengan IP lain yang sekelas dengan IP yang tadi disetting pada PC, Contohnya, jika pada PC di set IP nya adalah 192.168.1.3 maka pada Net Install IP yang digunakan adalah 192.168.1.4
    Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall
  10. Dibagian bawah pada aplikasi Netinstall Klik Browse lalu arahkan ke Folder tempat tersimpanya file NPK yang tadi Didownload
    Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall
  11. Hubungkan Kabel LAN di PC, namun Ujung 1 nya lagi belum terpasang pada SxT
  12. Tekan dan tahan tombol Reset pada Mikrotik SxT selama kurang lebih 3-5 Detik lalu Colok kabel LAN ke SxT namun Tombol reset masih tetap dalam keadaan di tekan
  13. Masih tetap menekan tombol reset, dan perhatikan juga tampilan pada aplikasi netinstall, jika netinstall sudah mendeteksi adanya Mikrotik SxT 2nD r2 ini barulah tombol Reset tersebut bisa dilepas.
  14. Langkah selanjutnya adalah, dengan menekan tombol Install pada Mikrotik
    Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall
  15. Setelah proses Instal selesai, Mikrotik akan melakukan Restart/Reboot, dan syukurlah pada kasus saya Mikrotik SxT 5nD ini sudah bisa terdeteksi kembali dari Winbox dan sudah siap untuk di konfigurasi dan dgunakan kembali. 
    Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall

Jika ada yang kurang di Mengerti, silahkan meninggalkan Komentar atau Nonton Tutorial ini dalam Bentuk Video yang ada di Bawah ini

Tips:

  • Tombol Reset dan Lubang Config Reset adalah 2 hal yang berbeda
  • Jangan menekan tombol Reset maupun lubang Config Reset terlalu kuat untuk menghindari kerusakan lainya
  • Gunakan Obeng kembang pada Lubang Config Reset
  • Gunakan Obeng mines untuk tombol Reset
  • Bongkar dan keluarkan Mikrotik SxT 5nD r2 ini dari body untuk mempermudah anda menekan atau menempelkan Obeng pada lubang Config Reset.
    Cara Reset dan Install Mikrotik SxT 5nD r2 Menggunakan Netinstall

Note : 

  • Saya tidak bertanggung jawab atas apa yang akan terjadi pada Mikrotik anda jika menggunakan Tutorial yang saya tulis ini
  • Cara ini tidak 100% akan berhasil untuk smua kasus yang ada, dikarenakan tiap kasus mempunyai faktor penyebab kerusakan yang berbeda2.
  • Cara ini sudah terbukti berhasil pada kasus yang saya alami



27 August 2016

Penjelasan Management Bandwidth dengan Simple Queue pada Router Mikrotik

  No comments
Dalam dunia Bisnis atau Usaha apapun jenisnya, pasti tidak akan pernah jauh dengan istilah Quality Of Services (QOS) atau bahasa Indonesia-nya "Kualitas Layanan". Penyedia Jasa,barang, layanan atau apapun itu bentuknya pasti akan selalu menomor satu-kan QOS ini sebagai Faktor penting dalam pengelolaan Bisnis atau Usaha, untuk memastikan pelanggan dan penggunanya merasa puas dengan apa yang telah disajikan oleh para pebisnis atau pengusaha
Penjelasan Management Bandwidth dengan Simple Queue pada Router Mikrotik

Prinsip yang sama pun diterapkan dalam pengelolaan Jaringan, Khususnya Jaringan Komputer. Seorang Network Administrator (Pengelola Jaringan) harus memahami betul tentang kualitas layanan (QOS) yang ia kelola berupa "Kualitas Jaringan" agar tidak ada pengguna/Klient yang merasa dirugikan atau tidak sesuai dengan yang mereka harapkan.
Penjelasan Management Bandwidth dengan Simple Queue pada Router Mikrotik

Salah satu faktor penentu Kualitas Jaringan adalah pengelolaan atau manajemen bandwitdh yang adil dan sesuai dengan yang direncanakan. Tanpa adanya manajemen bandwidth dalam sebuah jaringan maka bisa dibilang jaringan tersebut memiliki kualitas yang kurang baik.

Contoh akibat yang di timbulkan karena tidak adanya pengelolaan bandwidth pada sebuah jaringan adalah, Jika dalam sebuah jaringan terdapat 2 Klient dan salah satunya melakukan aktifitas Download menggunakan aplikasi Downloader seperti IDM (Internet Download Manager) yang mana sama kita ketahui bahwa IDM adalah aplikasi downloader yang sangat "Haus" akan bandwidth, maka Klient/user lainya akan merasakan dampak oleh aktifitas download tersebut berupa menjadi sediktnya jatah Bandwidth yang diterimanya atau yang bisa digunakanya karena sebagian besar Kapasitas Bandwidth yang tersedia sedang di pakai atau digunakan oleh User/Klient lain yang menggunakan IDM Tersebut
Penjelasan Management Bandwidth dengan Simple Queue pada Router Mikrotik

Untuk mengatasi hal tersebut diatas, Administrator jaringan tentunya harus melakukan management Jaringan berupa mengelola Alokasi bandwidth yang akan di distribusikan kepada Klient/Usernya. Solusi untuk masalah ini sebenarnya sudah di sediakan oleh Mikrotik dengan adanya Fitur Queue yang bisa anda lihat pada menu di Winbox (Jika menggunakan Winbox).
Penjelasan Management Bandwidth dengan Simple Queue pada Router Mikrotik

Queue sendiri memiliki arti "Antrian" yang maksudnya adalah fitur ini memiliki kemampuan untuk mengelola "Antrian" bandwidth atas paket data yang melintasi Router mikrotik pada sebuah jaringan komputer. Mikrotik sendiri memberi 2 jenis pilihan untuk Queue ini, Yaitu Simple Queue dan Queue Tree.

Dari namanya saja "Simple Queue" sudah bisa dipahami bahwa Simple Queue lebih praktis dalam penggunaan serta pengoperasianya, sedangkan Untuk Queue Tree, lebih cenderung sedikit lebih rumit namun tetap mudah untuk kita pelajari.

Kali ini, yang akan dibahas hanyalah Simple Queue saja, sedangakan untuk Queue Tree akan dibahas di Postingan selanjutnya, agar nantinya anda lebih mudah mempelajarinya, dengan cara bertahap seperti ini.

Sebelum masuk ke pembahasan inti, ada baiknya anda mengetahui dulu 2 istilah yang akan sering kita jumpai dalam pengelolaan Bandwidth ,  Yaitu CIR dan MIR
  • CIR (Committed Information Rate) adalah alokasi Bandwidth terendah yang akan diterima oleh user saat kondisi trafik jaringan teramat sibuk, seburuk apapun kondisi dan keadaan pada jaringan teresbut , User/Klient tetap akan menerima alokasi bandwidth sesuai dengan CIR yang telah di tentukan
  • MIR (Maximum Information Rate), Jika CIR adalah alokasi Bandwidth terendah, maka MIR adalah kebalikanya. MIR adalah Alokasi bandwidth tertinggi atau batas kecepatan tertinggi atau tercepat yang bisa digunakan oleh user/klient walaupun ia melakukan aktifitas Download menggunakan Downloader seperti IDM.

Untuk mempermudah pemahaman dalam penerapa simple queue maka kita akan mengambil contoh skenario jaringan seperti yang ada pada gambar di Bawah ini, dimana Sebuah jaringan memiliki alokasi bandwidth sebesar 1Mbps (1024 Kbps) untuk Upload dan Download, dan alokasi Bandwidth ini akan dibagi lagi untuk 3 Klient/User dengan ketentuan Klient A mendapatkan CIR sebesar 256Kbps dan MIR sebesar 1024Kbps (1Mbps), lalu Klient B pun mendapatkan CIR dan MIR yang sama seperti Klient A, sedangkan untuk Klient C mendapatkan CIR sebesar 512Kbps dan MIR 1024Kbps(1Mbps).
Penjelasan Management Bandwidth dengan Simple Queue pada Router Mikrotik

Dengan Asumsi pengalamatan komputer klient adalah Klient A 192.168.2.1 , Klient B 192.168.2.2 dan Klient C 192.168.2.3 maka Untuk Penerapan skenario pada gambar tersebut di Router Mikrotik bisa anda lakukan dengan mengikuti Petunjuk ini
  1. Login ke Winbox
  2. Klik menu Queue dan pilih Tab Simple Queue
  3. Klik Tombol Tambah (Plus) yang berwarna merah untuk membuat Parent atau Queue Induk dari ketiga klient atau user dan beri nama Induk-Klient, target address di isi dengan 192.168.2.0/24 Max Limit untuk Upload dan Download pilih yang 1M (1Mbps = 1024Kbps)
    Penjelasan Management Bandwidth dengan Simple Queue pada Router Mikrotik
  4. Kemudian lagi klik tombol tambah guna membuat queue khusus untuk Klient A, beri nama Klient-A, Target address isi 192.168.2.1 , Max Limit di pilih 1M (Upload dan Download) lalu pindah ke Tab Advanced, pada Limit At di pilih yang 256k untuk menentukan Nilai CIR nya dan untuk Parent Pilih Induk-Klient
    Penjelasan Management Bandwidth dengan Simple Queue pada Router Mikrotik
    Penjelasan Management Bandwidth dengan Simple Queue pada Router Mikrotik
  5. Lakukan hal yang sama seperti di atas untuk membuat Queue bagi Klient B dan Klient C, namun Untuk Klient C nilai pada Limit At diganti dengan 512K sebagai nilai CIR
  6. Jika sudah selesai Seharusnya tampilan pada menu Simple Queue anda adalah seperti pada gambar dibawah ini.
    Penjelasan Management Bandwidth dengan Simple Queue pada Router Mikrotik


Hasil yang di dapatkan dari konfigurasi diatas adalah sebagai berikut
  • Jika ketiga klient sedang menggunakan alokasi bandwidth dan kondisi jaringan dalam keadaan sibuk maka ketiganya akan mendapatkan Alokasi Bandwidth sebesar CIR (Limit-At) yang telah dikonfigurasi tadi yaitu, Klient A = 256Kbps, Klient B = 256Kbps dan Klient C 512Kbps. Ini artinya seluruh Alokasi bandwidth yang tersedia yaitu 1024Kbps sudah habis dibahagi kepada Klient
  • Jika Klient A sedang tidak menggunakan jaringan, maka Klient B dan Klient C akan saling berebutan alokasi bandwidth milik Klien A Yaitu 256Kbps
  • Jika hanya ada 1 Klien yang aktif, maka ia akan mendapatkan alokasi bandwidth secara keseluruhan yaitu 1Mbps (1024Kbps) sesuai dengan MIR yang sudah kita tentukan tadi.

Dari konfigurasi diatas didapatkan 1 Problem yang sangat mencolok yaitu terjadinya perebutan alokasi bandwidth saat tersedianya Bandwidth nganggur karena sedang tidak digunakan oleh salah satu Klient. Kita bisa menggunakan fungsi Prority yang ada di Tab Advanced untuk mengatasi hal tersebut.

Defaultnya semua queue yang dibuat akan memiliki nilai Priority terendah yaitu 8 (8 Terendah & 1 Tertinggi). karena prioritas Klient A B dan C adalah sama, maka ketiganya akan saling berebutan mana kala ada salah satu Klient yang sedang tidak menggunakan Alokasi bandwidth miliknya. Seumpama Klient A dan B memiliki prioritas yang sama, sedangkan Klient C memiliki prioritas lebih tinggi dari Klient A dan B maka pada Klient C kita ubah nilai Prioritasnya menjadi lebih tinggi contohnya dengan memberi nilai 7 (Klient A dan B nilai prioritasnya 8).
Penjelasan Management Bandwidth dengan Simple Queue pada Router Mikrotik

Maka hasil yang didapatkan jika Klient A sedang tidak menggunakan Bandwidth miliknya, maka sisa bandwidth tersebut akan diberikan pada Klient C sehingga Klient C akan memiliki bandwidth sebesar 768Kbps (512Kbps + 256Kbps) sedangkan untuk Klient B tetap akan mendapatkan Bandwidth sesuai dengan CIR-nya yaitu 256Kbps.

Silahkan bereksplorasi dan bereksperimen sendiri untuk mendapatkan Konfigurasi yang cocok untuk diterapkan pada jaringan anda, karena setiap Jaringan memiliki kebutuhan dan kondisi yang berbeda-beda pula

Terima Kasih :D

26 August 2016

Kupas Tuntas Pembahasan Tentang AGC Blogspot

  No comments
Auto Generated Content atau yang lebih akrab dikenal dengan sebuatan AGC, sudah bukan menjadi hal baru dikalangan para Blogger dan Publisher Ads. Penggunaan AGC oleh para Blogger dimaksudkan untuk mempermudah dan mempersingkat waktu untuk Memanage Blog atau Web.
Kupas Tuntas Pembahasan Tentang AGC Blogspot

Jadi dengan adanya AGC maka salah satu tugas yang harus dikerjakan oleh para blogger menjadi Berkurang. Tugas para Blogger hanya tersisa Optimasi dan Customize Blog atau webnya, sedangkan untuk Tugas untuk mempublish artikel sudah di gantikan Oleh adanya AGC ini.
Baca Juga : Rangkuman tips blogging dari para mastah
Berdasarkan argumen saya pribadi, Para Blogger terbagi secara umum atas 2 kategori, 
  • Kategori pertama yaitu, Blogger yang memang Passionya adalah menulis dan menulis, Blogger jenis ini tidak begitu peduli dengan pendapatan dari Ads, Karena memang tujuanya bermain Blog hanyalah untuk sekedar menulis dan share kepada para pembacanya. Biasanya Blogger kategori seperti ini lebih senang melihat Analytics pengunjung ketimbang Analytics Revenue (Pendapatan). 
    Kupas Tuntas Pembahasan Tentang AGC Blogspot
  • Kategori kedua adalah, Para blogger yang tujuanya adalah mencari Rejeki sampingan dengan bermain Blog. Kategori Blogger ini umumnya tidak begitu mementingkan Kualitas konten yang ada di Blognya, yang penting Blog yang ia kelola bisa menghasilkan Pendapatan. walaupun tak jarang juga kita temui para Blogger yang memang Bertujuan mencari pendapatan namun tetap menjaga Kualitas Konten yang ia publish. Umumnya pula, para blogger yang fokus ke pendapatan akan mencoba berbagai hal untuk meningkatkan Revenue , mulai dengan menggunakan tekhnik legal hingga tekhnik-tekhnik Blackhat
    Kupas Tuntas Pembahasan Tentang AGC Blogspot


Kembali ke AGC, pendapat saya pribadi AGC termasuk dalam kategori teknik BlackHat (Ilegal) karena pada dasarnya Fungsi dari AGC adalah membuat Postingan secara otomatis dengan mengambil data postinganya dari Web atau blog lain. Bukankah hal seperti ini bisa dibilang Pencurian ? karena AGC akan mengambil Postingan dari web/blog lain untuk ditampilkan di Web/Blog yang di pasang AGC tanpa seijin pemilik asli dari Postingan-postingan yang di ambilnya tersebut.
Baca Juga : Antisipasi Blog anda dari Serangan AGC
Kupas Tuntas Pembahasan Tentang AGC Blogspot

Jadi jika anda berniat untuk menjadi Blogger dengan menggunakan Teknik AGC maka sebaiknya anda pikirkan kembali matang-matang. Baik dan tidaknya penggunaan AGC ada ditangan anda, karena tidak bisa dipungkiri lagi, tak sedikit para blogger yang berhasil mengeruk penghasilan yang besar dengan menggunakan AGC. dan Penghasilan yang besar inilah yang menjadi pemicu banyak para Blogger untuk menggunakan AGC.
Kupas Tuntas Pembahasan Tentang AGC Blogspot

Perlu anda ketahui juga, penggunaan AGC memiliki dampak negatifnya juga, yaitu mulai dari menimbulkan kemarahan dari pemilik Konten Aslinya hingga Banned/Deindex dari Google atau mesin pencari lainya karena Blog yang menggunakan AGC kerap kali di anggap Blog Spam oleh Mesin pencari.
Baca Juga : Tips Optimasi Situs Mobile dari Adsense Indonesia
Salah satu AGC yang populer dikalangan para blogger adalah WP-Automatic dan ada Juga yang namanya StupidPie yang dijual oleh Internet Marketing Dojo. Perbedaan dari kedua jenis AGC ini adalah, WP-Automatic bisa anda gunakan gratis, sedangkan StupidPie berbayar. kedua AGC tersebut diatas termasuk dalam kategori Plugin AGC yang dikhususkan bagi pemilik blog atau web yang menggunakan Platform Wordpress.
Baca Juga : Dapatkan Segera StupidPie Versi Terbaru
Kupas Tuntas Pembahasan Tentang AGC Blogspot

Untuk para blogger yang web/blog miliknya menggunakan Platform Blogspot, tidak bisa menggunakan AGC WP-Automatic ataupun StupidPie. Namun tetap saja ada jalan untuk membuat Blog AGC yang menggunakan Platform Blogspot tanpa harus menggunakan StupidPie ataupun WP-Automatic. Jika pada AGC dengan Platform Wordpress maka AGC nya dalam bentuk Plugin sedangkan untuk AGC pada platform Blogspot, AGC nya tidak berbentuk Plugin atau tools melainkan Hanyalah Trik AGC.
Baca Juga : Bikin Blog AGC Gratis Bermodal WP-Automatic
AGC untuk Wordpress dan AGC untuk Blogspot pada hakikatnya adalah sama saja, karena fungsi utamanya adalah mempermudah proses pengisian Artikel atau konten pada web atau blog. Perbedaan yang paling mendasar adalah, jika menggunakan AGC Wordpress, AGC akan mencari artikel atau bahan postingan secara otomatis sesuai dengan konfigurasi yang sudah di setting oleh pemilik web Atau Blog. Sedangkan untuk AGC Versi Blogspot, sumber artikel atau konten masih harus dilakukan secara manual oleh para pemilik Blog dengan cara mencari bahan melalui Serach Engine atau mesin pencari 
Kupas Tuntas Pembahasan Tentang AGC Blogspot

Dipostingan saya sebelumnya saya pernah menulis tentang AGC Bang Will khusus pengguna Blogspot. dan AGC ini termasuk AGC premium alias berbayar dan untuk mendapatkanya harus membayar sejumlah uang kepada pemiliknya. Awalnya saya mengira AGC Bang Will ini adalah berbentuk Tools atau Script atau Plugin atau apalah, tapi ternyata hal itu tidak sesuai dengan Ekspetasi saya. karena ternyata AGC bang will yang dijual ini hanyalah sebuah Trik saja yang sudah pernah saya baca jauh hari sebelum AGC Bang will ini muncul di permukaan. Walaupun begitu, AGC bang will inilah yang menjadi motivasi buat saya untuk menulis artikel ini dan membahas lebih dalam tentang AGC Blogspot.

Tekhnik AGC untuk blogspot adalah seperti ini
  • Tentukan Niche atau topik pada Blog anda
  • Jika anda sudah memiliki niche atau topik untuk Blog anda Maka kita lanjut kelangkah selanjutnya
  • Anggap saja Niche blog anda adalah Tentang "Resep Makanan", maka hal yang harus dilakukan adalah mencari Sumber Artikel dengan menggunakan kata kunci seperti niche tersebut atau sejenisnya.
  • Cara mencari sumbernya pun mudah, Cukup buka Google.com melalui Browser anda (Firefox/Chrome) lalu ketikan keyword berikut "site:blogspot.com resep makanan" lalu tekan enter
    Kupas Tuntas Pembahasan Tentang AGC Blogspot
  • Akan muncul banyak blog yang berisi keyword "Resep makanan"
  • Langkah selanjutnya adalah melihat RSSnya dengan menambahkan code ini /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 dibelakang URL atau Link blog tersbut. 
  • Cari Blog yang feednya full seperti pada gambar dibawah ini
    Kupas Tuntas Pembahasan Tentang AGC Blogspot
  • namun jika yang rss blognya tampil seperti ini, maka cari lagi Feed dari blog lain yang Feednya Full seperti pada Gambar seblumnya.
    Kupas Tuntas Pembahasan Tentang AGC Blogspot
  • Jika anda telah menemukan Blog yang Feednya full maka langkah selanjutnya adalah Tekan CTRL + U lalu Tekan CTRL+S untuk menyimpan semua Code yang tampil dengan ekstensi XML.
    Kupas Tuntas Pembahasan Tentang AGC Blogspot
  • Setelah tersimpan, sekarang masuk ke Dashboard Blogger anda lalu Klik menu Setelan - Lainya
    Kupas Tuntas Pembahasan Tentang AGC Blogspot
  • Dibagian Paling atas klik Import Konten, Lalu Pilih file XML yang tadi sudah di download tadi
  • Jika anda Mencentang "Publikasikan Semua Post" maka Postingan yang di Import tersebut akan langsung terpublish, dan jika anda tidak mencentangnya maka Postingan yang diimport tidak Langsung di Publish melainkan masih dalam Draft yang di import
    Kupas Tuntas Pembahasan Tentang AGC Blogspot
  • Tak butuh waktu lama, Blog anda sudah memiliki postingan tanpa harus anda ketik sendiri
  • Jika ingin postingan yang lebih banyak lagi, maka ulangi lagi mulai dari mencari Blog dengan tampilan RSS penuh dan Lanjutkan kembali mengimport File XML nya
  • Selesai.
Teknik seperti diatas adalah sebagian isi dari AGC Bang will yang dijual tadi, yang mana Teknik seperti ini sebenarnya sudah banyak beredar di Artikel-artikel yang ada di blog-blog lainya. Namun, Selain teknik diatas, AGC Bang will memiliki trik tambahan yang mungkin tidak terpikirkan oleh banyak orang yaitu membuat konten yang diimport menjadi Unik agar tidak sama persis dengan Konten aslinya untuk menghindari Duplikat konten. Karena jika Mesin pencari mendeteksi adanya Duplikat konten pada Blog atau web anda, maka reputasi blog anda akan buruk karena akan dianggap Blog SPAM (Sampah) yang hanya asal Copy Paste saja dan parahnya, bisa saja Blog anda akan Deindex atau bahkan berujung pada BANNED
Kupas Tuntas Pembahasan Tentang AGC Blogspot

Jika pada Wordpress ada plugin berupa WP-Spinner yang betujuan untuk merubah konten yang diambil dari StupidPie dengan cara mengganti beberapa kata dengan kata lainya yang memilki arti serupa agar konten yang dipublish tidak sama persis dengan aslinya, Contoh jika ada Kalimat seperti ini "Saya ingin Kencing" maka WP-Spinner akan merubahnya menjadi "Aku mau buang air kecil".
Baca Juga : Gratis Untuk anda AGC Bang Will Komplit
Karena di Platform Blogspot belum tersedianya Tools atau plugin yang serupa dengan WP-Spinner maka untuk membuat Konten yang unik, AGC Bang Will memberikan solusinya dengan trik menambahkan beberapa Kalimat di Awal Postingan dan di Akhir Postingan agar postingan yang di Import menjadi tidak 100% Mirip. karena ada baris paragraph tambahan yang tidak ada di konten aslinya.
Kupas Tuntas Pembahasan Tentang AGC Blogspot

Untuk cara menambahkan  Paragraph pada awal dan akhir Konten bisa anda baca di panduan AGC Bang Will Versi 1 yang bisa anda Download dipostingan saya sebelumnya.

Selain trik Menambahkan paragraph di awal dan akhir konten, AGC Bang Will V1 mempunya trik lain yaitu dengan memodifikasi Robot.txt dan Tag Tajuk Robot. Namun untuk maksud dan tujuan di lakukanya perubahan pada Robot.txt ini tidak saya mengerti. Dan jika anda ingin menerapkan trik ini silahkan Baca di Petunjuk yang ada di dalam File ZIP AGC Bang Will V1. yang bisa anda download di Postingan saya sebelumnya.

Pada AGC Bang Will V2, terdapat Trik baru lagi untuk menghindari Duplikat Konten, yaitu memodifikasi Judul Artikel awal dan akhir judul artikel yang akan di Import, agar Judulnya tidak sama persis seperti judul aslinya, untuk cara penerapanya Silahkan Download AGC Bang Will Versi 2 yang ada di postingan sebelumnya, didalam file ZIP terdapat sebuah Video panduan untuk merubah Judul konten yang akan di Import.

Oke Sekian dulu dari saya, Terima Kasih telah singgah dan membaca sedikit informasi yang saya tulis ini :D
Salam blogger :D

25 August 2016

Download Gratis AGC Bang Will Terbaru (Blogspot)

  3 comments
Berbagi-pakai file gratisSebelumnya saya pernah memposting tentang Plugin StupidPie dan WP-Automatic yang merupakan Tools AGC untuk web berplatform Wordpress. Nah kesempatan kali ini saya akan share sebuah Tools AGC yang dikhususkan untuk web atau blog berplatform blogspot atau blogger.

Tak adil rasanya jika hanya ada AGC untuk Wordpress, sedangkan untuk Blogspot masih jarang ditemui, namun sebenarnya untuk membuat sebuah Blog AGC gampang saja, cukup dengan memanfaatkan Fitur RSS atau Publish With Email kita sudah jadi membuat Blog AGC untuk Blogspot
Download Gratis AGC Bang Will Terbaru (Blogspot)

Namun untuk mempermudah dan memberikan kenyamanan pada pengguna Blogspot maka hadirlah AGC versi Blogspot buatan bang Will. Silahkan Download melalui Link yang ada di bawah ini

Note : Sebaiknya anda Download dari Versi 1 Terlebih dahulu untuk mempermudah pemahaman anda tentang bagaimana caranya menggunakan AGC Ini
Download AGC Bang Will Versi 1
Download AGC Bang Will Versi 1.2 
Download AGC Bang Will Versi 2
Download AGC Bang Will Versi 3



Download Gratis Plugin Wordpress AGC StupidPie Versi Terbaru

  19 comments
Para pemburu dolar dari bisnis advertising khususnya di adsense pasti sudah mengenal dengan yang namanya AGC atau Auto Genetated Content. Fungsinya tidak lain dan tidak bukan untuk membuat postingan atau artikel secara otomatis sesuai konfigurasi yang di gunakan oleh penggunanya.

StupidPie adalah salah satu Tools AGC yang dijual oleh Internet Marketing DojoStupidPie yang akan saya share disini sejatinya adalah Plugin AGC berbasis Wordpress, artinya tools AGC ini hanya bisa digunakan pada web berplatform Wordpress saja.
Download Gratis Plugin Wordpress AGC StupidPie Versi Terbaru

Sampai dengan artikel ini ditulis dan di publish,sepengetahuan saya, StupidPie sudah Versi 2.x.x, nah karena Plugin AGC ini berbayar maka untuk mendapatkanya sebaiknya anda Mendaftar menjadi Member di DOJO dan Membelinya secara langsung. Eits Jangan Kecewa dulu, berhubung saya mendapatkan Tools ini secara gratis alias Cuma cuma tanpa mengeluarkan sepeserpun, maka kali ini saya akan share Plugin AGC ini kepada anda Secara gratis Pula


Update : Download StupidPie 2.0.9

Update 30 September 2016
Untuk Menjawab pertanyaan dari Saudara TOFA ARSYIL berikut saya lampirkan screenshoot perbedaan cara Grab Konten antara WP-Automatic dan StupidPie
WP-Automatic

Sedangkan untuk StupidPie/StupidBot lihat pada gambar dibawah ini

StupidPie/StupidBot

Konfigurasi Tranparent Proxy pada Mikrotik

  No comments
Untuk melakukan Konfigurasi Transparent Proxy pada Mikrotik tentunya Mikrotik tersebut harus sudah selesai di Konfigurasi terlebih dahulu Web Proxynya, Jika Mikrotik anda belum di Konfigurasi Web Proxy-nya maka baca terlebih dahulu Artikel sebelumnya tentang "Konfigurasi Web Proxy Internal Mikrotik"

Transparent Proxy adalah Proxy yang tidak terlihat dari Client, maksudnya, Client yang mengakses Sebuah website melalui Browser PC, ia tidak mengetahui jikalau Perjalanan paket data yang ia kirimkan melalui Browser untuk Server sebuah web ternyata masih singgah di Proxy, inilah yang dinamakan Transparent Proxy.

Masih bingung ? Begini, jika pada tutorial sebelumnya tentang "Konfigurasi Web Proxy internal Mikrotik" untuk menggunakan Proxy tersebut, maka User atau Client harus melakukan konfigurasi Manual pada Browsernya (Firefox/Chrome) Dengan cara menambahkan Alamat IP dan Port Proxy pada pengaturan Browser. Sedangkan dengan adanya Transparent Proxy, maka User atau Client tidak perlu lagi melakukan konfigurasi secara manual pada browsernya, melainkan Mikrotiklah yang akan bertugas Mengalihkan trafic yang datang dari Browser anda (Port 80) ke Port Proxy Internal Mikrotik (Port 8080).
Konfigurasi Tranparent Proxy pada Mikrotik

Semoga, penjelasan diatas sudah bisa dengan mudah anda pahami. Nah setelah mengetahui apa itu Transparent Proxy maka langkah selanjutnya adalah Melakukan Konfigurasi Transparent Proxy.

Saya Asumsikan, Mikrotik anda sudah bisa terhubung ke Internet dan Web Proxynya pun sudah Running
  • Login ke Winbox
  • Masuk Ke Menu Firewall - NAT
  • Klik Tombol Plus (Tambah)
  • Di Tab General, Chain pilih dstnat, src-address isi dengan IP Anda, Protocol Pilih TCP dan dst-port isi dengan 80
  • Pindah ke Tab Action, Action pilih redirect dan To Port isi 8080 (Port Proxy)
  • Selesai



Pembahasan Lengkap Fungsi Web Proxy Internal Mikrotik

  No comments
Pasti anda sering atau pernah mendengar yang namanya Proxy kan ? namun apakah anda tahu apa arti proxy itu sendiri ? Proxy adalah sebuah Server yang menyediakan layanan sebagai penghubung antara Client dan Host. Artinya jika anda menggunakan Proxy dalam jaringan anda, maka sebelum terhubung ke Internet, Paket data yang anda kirimkan ke internet tersebut, akan menuju Proxy, dan selanjutnya proxy lah yang akan meneruskan paket tersebut ke internet, sehingganya Host yang berada di Internet tidak akan mengetahui Asal Paket data yang sebenarnya (Client/Anda).

Ada beberapa keutungan menggunakan web Proxy Mikrotik dalam jaringan anda yaitu,
  1. Dengan adanya web proxy, maka Interaksi antara Client dan Host tidak akan seperti biasanya, karena Sebelum sampi Ke Host, Paket data dari Client akan Singgah di Proxy terlebih dahulu. dan hal ini tentunya bertujuan untuk menyembunyikan Alamat asli atau alamat pengirim paket data aslinya, karena sudah digantikan oleh Proxy
  2. Web Proxy mikrotik bisa untuk melakukan caching content, artinya Mikrotik dapat menyimpan beberapa konten dari sebuah web, sehingga jika suatu waktu Anda ingin mengunjungi Halaman web yang sama untuk kedua kali maka Prosesnya akan lebih cepat, karena ada beberapa konten dari web tersebut yang akan di panggil atau diload dari Proxy tanpa harus ke Server aslinya
  3. Web Proxy Mikrotik pun bisa digunakan sebagai Filtering atau pembatas atas konten-konten apa saja yang bisa diakses oleh Clientya. Salah satu contoh penerapanya adalah "Block Situs Dewasa Menggunakan Web Proxy".

Dasar Konfigurasi Web Proxy

Untuk konfigurasi Web proxy melalui Winbox bisa anda lihat melalui menu IP - Web Proxy
Pembahasan Lengkap Fungsi Web Proxy Internal Mikrotik
Konfigurasinya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini, tapi dengan Asumsi Mikrotik yang anda gunakan sudah selesai dilakukan konfigurasi dasar dan sudah bisa terhubung ke Internet
Pembahasan Lengkap Fungsi Web Proxy Internal Mikrotik
Penjelasan
  • Opsi Enabled untuk Mengaktifkan web proxy
  • Port 8080 artinya Web proxy akan berjalan di Port 8080, sehingganya untuk mengakses Proxy trafik harus diarahkan ke Port 8080
  • max cache size = unlimited artinya tidak ada batasan ukuran file cache content yang bisa disimpan oleh web proxy alias Unlimited
  • Opsi Cache On Disk artinya adalah File Cache Kontent yang ditangkap oleh Proxy akan disimpan di Disk Internal Mikrotik, dan jika anda tidak mencentang opsi ini, maka File Cache tersebut akan tersimpan di RAM Mikrotik, sehingga File Cache tadi akan terhapus otomatis saat Proses Caching di berhentikan atau di restart
Jika Web proxy mikrotik telah selesai di konfigurasi, maka langkah selanjutnya adalah mengetest atau mencoba web proxy ini dengan cara mengarahkan trafic yang datang dari Browser (Firefox/Chrome) untuk diarahkan ke Proxy
  • Buka Browser, kali ini saya menggunakan Mozilla Firefox
  • Lalu Klik menu Alat - Pengaturan (Tools - Option Jika dalam bahasa Inggris)
  • Lalu Klik Menu Canggih (Advance dalam bahasa Inggris)
  • Klik Jaringan (Network)
  • Klik Pengaturan
  • Pilih Option Konfigurasi Proxy Secara manual
  • di Kolom Proxy Untuk HTTP isikan salah satu alamat IP Mikrotik
  • Sedangkan Untuk Port diisi dengan 8080 (Port Web Proxy)

Pembahasan Lengkap Fungsi Web Proxy Internal Mikrotik
Untuk melihat hasilnya, silahakan Kunjungi web apa saja menggunakan Firefox yang sudah di setting Proxynya. Dan Lihat di Winbox apakah ada koneksi yang terhubung ke proxy atau tidak melalui sub menu Connection
Pembahasan Lengkap Fungsi Web Proxy Internal Mikrotik

Access Control

Setelah web proxy sudah Running, maka selanjutnya kita akan melakukan Kofngurasi Access Control untuk Proxy, Ini bertujuan untuk menentukan siapa saja yang bisa menggunakan Proxy server yang ada di Mikrotik anda. karena bisa saja Web Proxy ini tak hanya digunakan Oleh user lokal atau user LAN melainkan bisa di akses pula oleh user lain yang berada di luar LAN melalui internet..

Mari kita settinga Access Control ini dengan Asumsi skenario jaringan seperti dibawah ini
  • Mikrotik Mempunya 3 atau Lebih LAN Interface (Ethernet)
  • Ether1 Mengarah ke Internet (Modem) dengan IP 192.168.1.2
  • Ether2 Mengarah ke HUB dengan IP 192.168.2.0/24
  • Ether3 Mengarah Ke Wireless AP dengan  IP 192.168.3.0/24
Goal : Hanya Client yang terhubung ke Ether2 (192.168.2.0/24) saja yang bisa menggunakan Proxy Mikrotik
  • di menu Web Proxy klik Access
  • Lalu Klik Tombol plus (Tambah)
  • SRC address di isi 192.168.2.0/24
  • Action Pilih Allow
  • Klik Lagi Tombol Plus
  • SRC Address diisi 0.0.0.0/0
  • Action Pilih Deny
    Pembahasan Lengkap Fungsi Web Proxy Internal Mikrotik
Catatan : Perhatikan urutan rules yang sudah anda buat, Allow 192.168.2.0/24 harus berada di Urutan atas dan dilanjutkan Deny 0.0.0.0/0 di baris dibawahnya, karena jika terbalik urutanya, maka hasilnya tidak akan ada client yang bisa menggunakan Proxy (0.0.0.0/0).
Ingat, Seperti yang sudah saya tulis diatas tentang keuntungan menggunakan proxy yang salah satunya adalah melakukan Filtering pada Paket data yang kita kehendaki. Sebagai Contoh jika anda tidak menginginkan untuk melakukan Filter situs dewasa melalui Proxy maka cara konfigurasinya akan seperti pada gambar dibawah ini
Pembahasan Lengkap Fungsi Web Proxy Internal Mikrotik

Cache Control

Defaultnya web proxy mikrotik akan menyimpan semua jenis file seperti .exe ,rar, zip, 3gp, mp3 dan lain-lain sehingganya, Kapasitas penyimpanan Cache akan semakin sedikit mengingat ukuran disk dari RB750 yang sangat kecil (Sekitar 60Mb). Maka dari itu perlu disiasati dengan menambahkan sedikit konfigurasi berupa file-file apa saja yang boleh disimpan dan file apa yang tidak perlu disimpan saat proses cache terjadi di web proxy mikrotik. Sebagai Contoh saya akan memfilter Cache yang bertipe ZIP, agar file bertipe ZIP tidak perlu disimpan (Cache).

Caranya Simpel, seperti melakukan konfigurasi pada Access Control diatas
  • Klik Menu Cache
  • Lalu Klik Tombol Plus (Tambah)
  • SRC Address isi dengan IP Address
  • Path diisi dengan :.zip
  • Action Plih Deny
    Pembahasan Lengkap Fungsi Web Proxy Internal Mikrotik
Sekian Pembahasan tentang WEB Proxy Mikrotik.
Terima Kasih



24 August 2016

Cara Setting Waktu / NTP (Network Time Protocol) Client Pada Mikrotik

  No comments
Kadang dalam beberapa Kondisi tertentu Mikrotik akan menjalankan perintah yang membutuhkan informasi waktu. Contohnya jika anda membuat sebuah script perintah penjadwalan "Reboot Otomatis" maka tentunya pengaturan waktu yang ada di Mikrotik harus sudah benar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Contoh Lainya, jika anda menggunakan Mikrotik sebagai Hotspot maka pengaturan Waktu menjadi sangat penting untuk harus dilakukan sebelum anda menggunakan Voucher Hotspot yang sudah anda buat sebelumnya. Karena Userman akan mencatat Log aktivitas dan informasi lainya Berdasarkan Waktu dan tanggal.

Untuk melakukan konfigurasi waktu pada Mikrotik bisa langsung melalui Winbox pada menu System - Clock . anda bisa melakukan konfigurasi langsung di menu Clock layaknya anda mengatur waktu pada PC/Laptop.

Namun yang membedakan pada settingan Waktu pada PC dan Mikrotik adalah, Jika pada PC Settingan dasar seperti Waktu akan tetap tersimpan walaupun PC dimatikan atau direstart, beda halnya dengan Mikrotik, setiap kali Mikrotik di turn off atau di restart, maka settingan waktu tersebut akan hilang dan kembali menjadi Default. Ini dikarenakan Mikrotik untuk versi RB750 dan sejenisnya tidak memiliki Baterai yang berfungsi sebagai power cadangan seperti pada baterai BIOS pada Motherboard PC/Leptop.

Untuk mengatasi hal tersebut Mikrotik sudah menyediakan solusinya berupa NTP Client yang bisa anda lihat melalui System - SNTP Client. Fungsinya adalah, Mikrotik yang dikonfigurasikan sebagai NTP Client akan mendapatkan pengaturan waktu secara otomatis dari NTP Server secara Realtime, dengan syarat mikrotik tersebeut sudah bisa terhubung ke Internet.

Untuk Mengkonfigurasinya pun cukup mudah, Perhatikan caranya dibawah ini
  • Login Ke Mikrotik melalui Winbox
  • Masuk ke Menu System - SNTP Client
  • Centang Enabled
  • Pilih Mode Unicast
  • Lalu masukan alamat IP NTP Server lalu Klik Apply
  • Untuk Melihat hasilnya bisa anda lihat di  System - Clock
  • Waktu yang ada di Clock akan otomatis mengikuti waktu yang ada di NTP Server, karenanya anda masih harus perlu merubah Time Zone sesuai wilayah anda tinggal
Cara Setting Waktu / NTP (Network Time Protocol) Client Pada Mikrotik

Untuk IP NTP Server bisa anda lihat di www.pool.ntp.org/zone/id/

Download Gratis Template Jalan Tikus Versi Blogspot

  4 comments
Salah satu aspek penting dari sebuah Web atau Blog adalah Interface atau tampilan antar muka yang menarik. Untuk desain antar muka yang menarik bisa diterapkan pada blog dengan melakukan modifikasi pada template atau theme pada web atau blog anda. Bagi pengguna Blogspot, untuk memodifikasi tampilan Blognya bisa dengan mengedit template (File XML) atau menggunakan template yang sudah jadi (Dalam bentuk XML juga) yang tinggal di copy dan paste di halaman Edit XML
Download Gratis Template Jalan Tikus Versi Blogspot


Jalan Tikus adalah sebuah situs Lokal (Indonesia) yang sangat digandrungi oleh anak muda khususnya pengguna android, karena jalan tikus menyediakan banyaka Informasi dan aplikasi untuk android kepada para pengguna Android di Tanah air. Salah satu yang menarik dari Web Jalan Tikus adalah Desain Interfacenya yang unik dan Keren sehingga banyak para blogger yang bertanya-tanya atau mengingikan menggunakan Tema atau template yang serupa dengan yang digunakan Oleh Jalan Tikus. Namun perlu diketahui, Jalan Tikus menggunakan Platform Wordpress sebagai Engine webnya jadi tema/templatenya pun pasti berbasis Wordpress, karena itu tidak dimungkinkan untuk menggunakan Template Wordpress untuk di terapkan di Blogspot

Download Gratis Template Jalan Tikus Versi Blogspot

Bagi pengguna Blogspot, anda tidak perlu kuatir lagi, karena tahun kemarin sudah rilis sebuah template Jalan Tikus untuk versi Blogspot (XML) yang artinya anda bisa menerapkan Tampilan Situs Jalan Tikus di Blog anda yang berplatform Blogspot atau Blogger.
Download Gratis Template Jalan Tikus Versi Blogspot

Untuk cara penggunaan serta beberapa tips sudah disertakan di dalam File ZIP yang bisa anda Download langsung melalui Link yang ada Di bawah artikel Ini

Terima Kasih