07 November 2016

Repair/Perbaiki Mikrotik RB433 yang rusak Mati Total

Tags

Assalamualaikum
Pada artikel saya tentang "Pengalaman Pertama dengan Rb433 + Omni AMO-2G13" disitu saya menceritakan bagaimana kisahnya saya awal pertama kali menemukan atau mendapatkan RB433 dan Omni AMO-2G13

RB433 yang sekarang saya gunakan ini awalnya rusak, Mati total karena walupun sudah colok ke Listrik RB433 tetap saja tak merespon. Saya mencoba menganalisa kemungkinan penyebab kerusakan pada Board 433 ini. dan Perhatian saya teruju pada kapasitor atau tepatnya 3 Buah Elco yang terlihat menggembung seperti ibu ibu hamil yang terpasang di Board tersebut
Repair/Perbaiki Mikrotik RB433 yang rusak Mati Total

Sekedar coba-coba saya pun mencoba melepaskan ketiga Elco tersebut dari RB433 dengan tujuan untuk menggantinya yang baru, siapa tahu saja penyebab rusaknya RB433 ini memang karena disebabkan oleh Elco. Setelah berhasil di copot dari Board, muncul problem lagi. Saya sudah keliling seluruh toko listrik dan elektronik di tempat saya namun tidak juga saya menemukan Elco yang mirip seperti yang ada RB433 tadi. Kapasitor/elco yang saya cari adalah 560uf/6.3v untuk menggantikan Kapasitor lama yang sudah menggembung tadi

Karena di toko fisik tidak saya temukan, maka saya coba nyari di toko Online, emang sih saya nemun yang sesuai tapi harga ongkirnya ituloh yang bikin saya sedikit belum siap, karna harga Kapasitornya aja cuma 2ribuan perak, sedangkan Ongkirnya 60ribuan, 
Repair/Perbaiki Mikrotik RB433 yang rusak Mati Total

Syukrlah saya dapatkan sedikit kemudahan, karena sewaktu saya lagi perbaiki PC yang biasa saya pake untuk ngeblog ini, tak sengaja saya lihat di Mainboard PC ada beberapa kapasitor yang hampir-hampir mirip dengan yang saya cari, setelah saya perhatikan lebih jauh ternyata benar, Kapasitor yang saya cari ternyata ada di Mainboard Komputer. 
Repair/Perbaiki Mikrotik RB433 yang rusak Mati Total

Dulu saya sempat buka warnet, namun seiring berjalanya waktu banyak PC yang rusak sudah malas saya perbaiki, akhirnya saya coba ambil 1 Motherboard PC yang sudah rusak tersebut untuk saya ambil Kapasitornya. setelah saya mencopot 3 Kapasitor dari Board PC, sya pun memasang kapasitor tersebut pada RB433 setelah selesai di solder dan Saya coba hidupkan ternyata berhasil, RB433 sudah hidup kembali dan sudah bisa kembali difungsikan
Repair/Perbaiki Mikrotik RB433 yang rusak Mati Total

NB : Cukup susah untuk menemukan Kapasitor 560uf/6.3v. Di board komputer memang ada Kapasitor yg 6.3V namun bukan 560uf melainkan 1000uf. tapi karena tidak ada pilihan lain akhirnya saya menggunakan Kapasitor 1000uf/6.3v dan hasilnya tidak ada masalah. Kesimpulan saya nilai faradnya tidak begitu mempengaruhi, asalkan tetap Kapasitor 6.3 V.

sekian dulu dan terima kasih telah menyempatkan waktu untuk singgah di blog sederhana saya



EmoticonEmoticon