02 September 2016

Sistem Informasi Harga Pangan Menggunakan PHP & MySQL

Halo teman-teman pembaca Blog Catatan Lamers, Sebagai informasi buat teman-teman pembaca, bahwa mungkin beberapa hari kedepan saya belum bisa mengupdate Blog ini seperti mana biasanya.
Dikarenakan, sejak kemarin hingga beberapa hari kedepan saya disibukan oleh Project pembuatan Sistem Informasi Harga Pangan yang akan digunakan di salah satu Instansi pemerintahan.

Jika teman-teman memperhatikan isi Blog ini, konten yang saya publish kebanyakan berhubungan dengan Jaringan, sedangkan untuk Programming baru beberapa buah postingan saja, hal ini dikarenakan, sudah cukup lama juga saya istirahat dari dunia programming dikarenakan sepi permintaan, karenanya saya lebih suka menulis Artikel yang terkait dengan jaringan Komputer.

Pembuatan Sistem Informasi Harga Pangan ini, sebenarnya sudah saya mulai dari Kemaren malam yaitu dengan Mulai menganalisa Kebutuhan dan Alur Sistem ini nantinya akan digunakan seperti apa dan bagaimana pengoperasianya.

Berhubung informasi tentang project ini hanya saya terima via telepon, makanya Informasi detail dan Rincian tentang Sistem ini masih sulit untuk saya gambarkan di kepala alias saya masih bingung alur dan logika Sistem ini seperti apa nantinya.

Mengatasi kebingungan tersebut, saya pun mencoba mencari referensi di Google tentang Sistem informasi yang serupa atau mirip, sehingga bisa saya jadikan Rujukan (Bukan untuk di Copas) dalam pembuatan Sistem Informasi ini.

Setiap kali membuat aplikasi atau sistem informasi, hal pertama yang dilakukan hampir setiap programmer adalah menganalisa dan merancang alur sistem menggunakan DAD atau UML sebagai acuan pembuatan sistem. Dulu, diwaktu saya masih kuliah dan duduk disemester 1, ada sebuah mata kuliah yang sangat berguna setiap kali saya membuat Sistem Informasi, Yaitu mata kuliah Logika dan Algoritma

Mata kuliah Logika dan Algoritma dulu saya anggap tidak begitu penting untuk dipelajari, namun ternyata sebaliknya, untuk membuat sebuah Sistem diperlukanya kemampuan bermain Logika agar nantinya anda bisa dengan mudah merencanakan dan menganalisa setiap aksi yang akan di buat pada sebuah sistem atau Aplikasi
Sistem Informasi Harga Pangan Menggunakan PHP & MySQL

Kembali ke Sistem Informasi Harga Pangan, Sistem ini secara garis besarnya di maksudkan untuk memberikan informasi berupa harga pangan kepada masyarakat disuatu daerah. Metode penyampaian informasi diterapkan dengan menggunakan 2 cara yaitu melalui Halaman depan Sistem Informasi ini dan melalui SMS, karena Sistem Informasi Harga Pangan yang tengah saya buat ini dilengkapi juga dengan Fitur SMS Gateway untuk menjangkau Masyarakat awam yang mungkin hanya bisa memanfaatkan fitur SMS dan belum mampu untuk berinteraksi dengan Sistem melalui antar muka yang ada di PC/Laptop menggunakan jaringan internet

Sistem Informasi Harga Pangan ini saya buat tidak hanya dengan cuma-cuma atau Gratis, melainkan saya mendapatkan sedikit upah atas project pembuatan sistem informasi ini, namun anda tak perlu kuatir, sebisa mungkin jika nantinya Sistem ini sudah selesai saya kerjakan dan Upahnya sudah saya terima, maka insyaallah akan saya share di Blog ini secara gratis untuk anda

Jika anda tak mau menunggu kapan saya akan share Sistem informasi ini, maka anda bisa membuatnya sendiri, karena sistem informasi ini bisa dibilang Mudah untuk dibuat. Untuk membuat Sistem Informasi sebenarnya sangat mudah, hanya membutuhkan beberapa hal saja yaitu
  • Kemampuan Berlogika yang baik dan benar
  • Kemampuan Menganalisa sebuah persoalan
  • Kemampuan Memberika Solusi dan jalan keluar untuk sebuah persoalan
  • dan Yang terakhir adalah kemampuan untuk menggunakan Bahasa Pemrograman.
Karena Sistem Informasi ini diminta dalam Versi WEB maka Bahasa pemrograman yang dibutuhkan adalah PHP dan untuk database bisa menggunakan MySQL/MySQLi. selebihnya untuk HTML,CSS dan Javascript tidak harus anda kuasai sepenuhnya. saya sendiri tidak begitu mahir untuk masalah HTML,CSS dan Javascript, karenanya setiap kali saya membuat sistem informasi saya menggunakan Framework seperti Bootstrap untuk membuat desain Interfacenya, sedangkan untuk PHP saya tidak menggunakan Framework seperti Laravel, YII,CI dan lain-lain karena saya lebih suka mengetik secara Native, walaupun metode Native ini masih rentan dengan Bug atau kesalahan.

Jadi pada intinya, Hampir semua Sistem informasi yang pernah saya buat tidak 100% dari jari-jari saya, melainkan saya mendapat bantuan dengan adanya Framework Bootstrap, dan Untuk Sistemnya sendiri bisa dibilang banyak kesalahan yang mungkin tidak sempat saya perhatikan makanya Sistem-sistem tersebut masih jauh dari kata sempurna.

So, jika anda berminat dengan Sistem Informasi ini, sering-seringlah mampir di Blog ini, sebisa mungkin dalam waktu singkat akan saya share kepada anda secara gratis :D

1 komentar so far


EmoticonEmoticon