Android anda hilang ? Jangan panik,Coba cara ini untuk Melacaknya | Catatan Lamers

29 July 2016

Android anda hilang ? Jangan panik,Coba cara ini untuk Melacaknya

  No comments
Beberapa Jam sebelum saya menulis artikel ini, ada seorang teman yang menghubungi saya untuk meminta bantuan untuk melacak atau mencari Smartphone Androidnya yang katanya hilang di curi orang. Saya sempat bingung sebenarnya, kenapa saya yang dihubungi, atau mungkin dia pikir saya ini Detektif atau mbah dukun bisa nerawang benda-benda melalui penglihatan Ghaib.

Ternyata alasan dia menghubungi saya karena akun Gmail yang digunakan di Smartphonenya yang hilang itu dulunya saya yang buatkan. Dan kebetulan ia lupa passwordnya. Karena alasan itulah saya teringat kembali kalau dulu saya pernah memberitahukanya kalo suatu waktu smartphonenya hilang, itu masih bisa dilacak keberadaanya Beromdalkan Email / akun Gmail yang dipakai di Smartphonenya

Hampir setiap perusahaan yang memproduksi smartphone, memiliki sistem keamanan yang diberikan/dipasang ke smartphone yang dijualnya. Sebut saja salah satunya SAMSUNG. Selain Produk-produknya yang laris dipasaran, Samsung pun tak mau kehilangan pelanggannya karena mengabaikan sisi keamanan pada produk yang dijualnya. Makanya samsung mengembangkan sistem berupa pelacakan Android yang bisa anda gunakan untuk mengetahui lokasi android anda jika suatu waktu smartphone anda hilang.  Silahkan anda  kunjungi findmymobile.samsung.com untuk penjelasan rincinya.

Jika Samsung mengeluarkan sistem seperti findmymobile terus bagaimana dengan pabrikan smartphone lain ? saya yakin semua pengembang smartphone pasti memiliki sistem kemanan seperti ini pula, anda cukup mencari informasi sesuai tipe atau merk smartphone yang anda gunakan sekarang ini dengan mengunjungi situs-situs resmi pemilik smartphone tersebut.
Melacak Hp Android yang Hilang
1 Hal yang pasti, apapun merk dan type Smartphone anda (Kecuali iOs dan Blackberry), didalam smartphone anda pasti ada Google Playstore. dimana untuk bisa menggunakan Google Playstore anda diminta untuk masuk menggunakan akun Gmail yang notabenenya milik sang raksasa Google. maka dari itu kesempatan kali ini saya hanya akan membahasa lebih dalam tentang fasilitas atau fitur yang ditawarkan oleh Google saja.

Balik ke topik awal tentang melacak Android menggunakan Gmail. Google sebagai salah satu perusahaan terbesar di bidang Tekhnologi sangat memanjakan penggunanya dengan menghadirkan begitu banyak layanan-layanannya yang disadari dan tanpa sadari selalu kita gunakan setiap harinya

Salah satunya adalah Android. ya, Android adalah sistem operasi / Operating System yang dimiliki oleh Google. Apapun merek atau type smartphone anda (Kecuali iOs dan Blackberry) entah itu Samsung, Asus, Oppo, Sony, HTC atau merek lainya, kesemuaanya mengggunakan Sistem Operasi Android.

Setiap pengguna Smartphone Android, saat pertama kali mengoperasikan Androidnya pasti akan diminta untuk mendaftarkan Androidnya dengan menggunakan akun Gmail. Jika sudah punya bisa langsung Login dan jika tidak punya bisa registrasi lalu login

Tujuannya, agar android anda bisa terintegrasi dengan layanan-layanan Google lainya seperti Google Playstore, G+, Goofgle Play Game dan layanan lainya
Android anda hilang ? Jangan panik,Coba cara ini untuk Melacaknya

Dengan adanya Google di dalam genggaman anda (Akun Gmail yang ada di Android anda) maka banyak hal yang Google ketahui tentang anda dan hanya anda dan Google sajalah yang tahu Info-info tersebut (Kecuali anda mengijinkan untuk dibagikan ke publik)

Salah satu layanan yang berhubungan dengan Topik kita adalah "Google Android Device Manager". Sebuah layanan dari Google yang melakukan manjemen terhadap setiap perangkat android yang terhubung dengan akun Gmail.

Dengan Google Android Device Manager, anda bisa mengetahui letak posisi android anda berada walaupun anda berada ditempat yang berbeda dengan android tersebut dengan catatan Android anda harus dalam keadaan Online atau terhubung ke Internet.
Android anda hilang ? Jangan panik,Coba cara ini untuk Melacaknya

Selain melacak menggunakan GPS, Google Android Device Manager ini memiliki fitur lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu kemampuan Android device manager untuk mengirim perintah memaksa menderingkan smartphone anda, agar jika smartphone android anda hanya terselip atau tersembunyi disuatu tempat dan dalam keadaan Silent maka ia akan berdering dan bisa diketahui lokasinya.

Google memiliki satu fitur lagi yang  sangat beruna jika android anda yang hilang tersebut berada jauh dari jangkauan pendengaran anda (Menggunakam Fitur Dering) entah karena lupa meninggalkanya disuatu tempat atau Jatuh atau yang lebih parah di curi oleh orang, Yaitu fitur yang memerintahkan Dilakukanya penguncian layar (Lock Screen) menggunakan sandi/password pada Smartphone anda dan disertai Notifikasi berupa kata-kata yang bisa anda rangkai sendiri, seperti "Balikin Hapenya Bos". tak hanya itu saja, anda pun bisa memasukan informasi berupa Nomor telepon lain yang bisa dihubungi oleh orang yang memegang android anda, dengan tujuan ia bisa menghubungi anda unuk mengembalikan android tersebut.
Android anda hilang ? Jangan panik,Coba cara ini untuk Melacaknya

Sedangkan di Smartphone yang dikunci akan seperti pada gambar dibawah ini
Android anda hilang ? Jangan panik,Coba cara ini untuk Melacaknya

Informasi lainya tentang Smartphone anda bisa anda akses melalui web Browser di PC dengan mengunjungi myacoount.google.com . disana anda bisa melihat beberpa informasi tentang aktifitas yang ada di Smartphone anda seperti, Lokasi online terakhirnya dimana, dan waktu online terakhir diketahuinya kapan.
Android anda hilang ? Jangan panik,Coba cara ini untuk Melacaknya

Jika anda orang berduit, mungkin kehilangan Smartphone bukan sebuah masalah besar, karena bisa beli baru, namun yang biasa dikeluhkan orang adalah Data-data yang tersimpan di Android yang hilang tersebut merupakan data-data penting, seperti Contact Person, atau foto,video atau data lainya.

Sebenarnya, jika anda lebih teliti, Google sudah menyiapkan semua jawaban untuk masalah-masalah tersebut dengan menyiapkan banyak sistem sepeti Google Foto, Singkronasi data, yang kesemuaanya itu Terintegrasi hanya dengan 1 Akun Gmail yang ada didalam Smartphone anda

Itu artinya, Akun Gmail andalah nyawa dari Smartphone anda karena dalam akun Gmail itulah isi dari Smartphone anda. Jadi jika anda ingin data-data tersebut bisa kembali anda cukup Login kembali ke Smartphone Android baru anda menggunakan akun Gmail yang sebelumnya anda Gunakan di Smartphone android anda yang lama (yang hilang).  Selanjutnya Android akan melakukan singkronasi yaitu mengisi Android baru anda dengan data-data lama anda

Itulah alasanya Email / Akun Gmail yang anda gunakan di Android anda bukan akun Gmail yang hanya asal-asalan dibuat, karena suatu waktu Email ini akan sangat berguna bagi anda sendiri.


Nonton video dibawah ini untuk step by stepnya

maka dari itu, jika setelah membaca artikel ini dan anda menyadari kalau akun Gmail yang anda gunakan hanya dibuat asal-asalan, maka segera Perbaikilah dengan menambahkan informasi informasi penting lainya ke Email anda seperti No handphone, Email Recovery dan lainya. ini Bertujuan untuk mempermudah anda melakukan verifikasi kepemilikan akun jika suatu waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.







No comments :

Post a Comment