Penjelasan dan Rumus perhitungan Burst pada Mikrotik | Catatan Lamers

23 June 2016

Penjelasan dan Rumus perhitungan Burst pada Mikrotik

  No comments

Penjelasan Tentang Burst

Burst adalah sebuah fitur pada Router Mikrotik yang memungkinkan komputer user mendapatkan alokasi bandwitch lebih besar dari Maximum Information Rate (MIR), dalam selang waktu tertentu.

Ini Sangat menguntungkan bagi user-user yang hanya melakukan aktifitas browsing, user tersebut akan mendapatkan tambahan bandwitch di saat pertama kali membuka sebuah halaman web. 

Namun Burst tidak akan menguntungkan bagi user-user yang melakukan download. User yang melakukan download hanya akan mendapatkan tambahan bandwitch di awal proses download, namun jika burst telah selesai , alokasi bandwitch yang didapatkanya hanya sebesar nilai MIR.

Perhitungan Burst

Ada syarat-syarat tertentu agar burst bisa dilakukan, sehingga anda harus mengetahui opsi-opsi konfigurasi apa saja dalam fitur burst. Dengan mengetahui opsi-opsi tersebut, maka anda dapat menentukan kapan dan berapa lama burst bisa dilakukan. Adapun opsi-opsi tersebut adalah sebagai berikut :

  • Burst-limit, Nilai bandwitch maksimum (baik upload/maupun download) yang akan diterima seorang user manakala Burst terjadi. Nilai burst-limit harus lebih besar dar max-limit (MIR) yang diberikan.
  • Burst-time, periode waktu yang digunakan untuk menghitung data rate rata-rata. Perlu anda ingat, burst-time bukan menunjukan berapa lama tejadinya burst.
  • Burst-thresold, nilai ini menentukan kapan burst bisa dijalankan dan kapan burst harus dihentikan. Nilai burst-thresold umumnya 3/4 dari nilai max-limit. Jika nilai data rate rata-rata lebih rendah dari burst-thresold, maka Burst akan dijalankan. Namun jika nilai data rate rata-rata sama dengan atau lebih dari burst-thresold, maka burst akan dihentikan.


Untuk menghitung berapa lama seorang user mendapatkan burst pada saat pertama kali menggunakan alokasi bandwitch maka, maka anda dapat menggunakan rumus berikut :

lama Burst dijalankan = (burst-thresold/burst-limit) x burst time

Misalnya anda mengkonfigurasikan, limit-at=128Kbps, max-limit=512Kbps, burst-thresold=384Kbps, burst-limit=1024Kbps dan burst-time=8s, maka pada saat seorang user mulai menggunakan alokasi bandwitchnya, user tersebut akan mendapatkan alokasi bandwitch sebesar 1024Kbps (1Mbps) selama 3 detik pertama, seperti hasil perhitungan berikut

Lama Burst = (384/1024) x 8 = 3 detik


No comments :

Post a Comment