27 June 2016

Modal Awal untuk mulai Berkenalan dan Belajar Mikrotik

  No comments
Untuk memulai mengenal dan memahami Mikrotik tentunya anda diharuskan mempunyai modal, sebagaimana seorang pengusaha yang ingin merintis sebuah usaha tentunya memerlukan modal agar nantinya tidak bingung saat sudah ditengah jalan.

Ada beberapa modal yang sebaiknya sudah anda miliki sebelum mulai mengenal dan mehami Mikrotik, yaitu

Dasar/Basic Jaringan

Pengetahuan dasar jaringan disini saya maksudkan adalah, setidaknya anda sudah pernah membuat jaringan sederhana entah untuk kepentingan sharing data atau lainya menggunakan media kabel ataupun wireless. Selain itu anda pun harus sudah paling tidak mengerti tentang pengkabelan (Baca : Penjelasan tentang pengkabelan) beserta IP Address

Pengetahuan Tentang Aplikasi

Aplikasi yang saya maksudkan disini adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk jaringan atau internet seperti Browser (Firefox,Chrome,IE,dll), Downloader seperti IDM dan beberapa aplikasi lainya. ini bertujuan agar anda bisa dengan mudah melakukan uji coba konfigurasi Mikrotik anda. 

Contoh: anda melakukan Limitasi pada proses download di Mikrotik, maka untuk menguji hasil dari limitasi tersebut tentunya anda harus mendownload file dari internet menggunakan downloader, dan dari proses downloading itulah kita akan melihat hasil dari Konfigurasi Limitasi tadi berhasil atau tidak

Pengetahuan Perintah/Command

Perintah yang paling sering digunakan adalah PING, yang berfungsi untuk menguji Koneksi antar perangkat apakah sudah terhubung atau belum. Saya rasa penggunaan PING sudah bukan masalah lagi,karena pastinya anda sudah biasa menggunakanya. (Baca : Perintah CMD)

Pengetahuan Protocol TCP/IP

Ini pun tidak kalah pentingnya untuk dikuasai, agar anda bisa dengan mudah menentukan Port-port yang akan digunakan untuk tiap Protocol (Baca : Jenis Protocol & Fungsinyadalam konfigurasi Mikrotik nantinya.

Mungkin itu dulu yang bisa saya jabarkan sebagai Modal awal anda untuk mulai berkenalan dengan Mikrotik :D. Jika ada yang kurang atau salah tolong di tambahkan atau dikoreksi melalui Kolom komentar dibawah. Terima Kasih.

No comments :

Post a Comment