08 June 2016

Memperbaiki Layar / LCD Laptop Yang tidak menampilkan Apapun

Bingung juga saya mau nulis judulnya seperti apa, Alangkah baiknya saya menjelaskan Maksud Judul tersebut menggunakan Cerita agar lebih muda di pahami. Pagi tadi ada teman yang mengantarkan Laptopnya kesaya dan minta untuk di perbaiki dengan Kondisa saat Laptop di hidupkan, Layar/LCD tidak menampilkan Gambar apapun (No Display) padahal LED Indikator pada menyala yang mengindikasikan Bahwa Motherboard Laptop dalam keadaan baik-baik saja, Untuk memastikanya saya menggunakan Monitor PC dan menyambungkan Ke Laptop. dan benar saja di Monitor PC Nampak Laptop hidup dalam Keadaan normal. Kerusakan pun bisa di tebak terjadi di sekitar LCD / Laptop yang artinya kerusakan atau penyebab tidak tampilnya tampilan apapun pada Laptop tersebut adalah kerusakan Hardware. Sebenarnya kemampuan saya hanyalah menangani Kerusakan pada software, dan untuk kerusakan pada hardware saya belum begitu mampu untuk menanganinya karena kurangnya pengetahuan saya tentang Kelistrikan/Elektronika. Namun saya memberanikan diri untuk mencoba menganalisan penyebab kerusakan dan mencoba mencari cara untuk memperbaiknya.

Setelah di pastikan Motherboard Laptop dalam keadaan baik (Karena dihubungkan Di Monitor PC, Laptop dalam keadaan baik) maka selanjutnya saya membuka / Menelanjangi seluruh bagian Laptop untuk menganalisa kerusakan pada hardware (spesifiknya ke LCD). dari LCD Laptop ini (Axioo) terdapat beberapa Socket yang terhubung di Motherboard Laptop. saya pun mencoba melepaskan Socket-socket tersebut dari motherboard dan membersihkan lubang socket kabel2 tersebut yang ada di Motherboard menggunakan Kuas kecil. setelah itu saya memasangnya kembali untuk mengecek apakah sudah perubahan yang terjadi atau Belum. ternyata masih sama "No Display". Selanjutnya saya memijat kabel-kabel dari LCD tersebut secara perlahan dan benar saja, saat saya memijat pada salah satu bagian kabel tiba-tiba ada muncul gambar di LCD namun hilang kembali. Kemungkinan Penyebab kerusakan pun semakin menyempit dan mengarah pada Kabel tersebut. dan akhirnya bisa dipastikan penyebab kerusakan ada pada Kabel Tersebut dikarenakan saat saya menekan kabel tersebut dan menahanya tampilan di Laptop normal kembali, namun saat saya tidak menekan/memijat/menahan kabel tersebut tampilan pada layar LCD Kembali hilang.
Bagian Bawah Laptop yang sudah saya lepas Pentupnya
Bagian Atas Laptop yang sudah di lepas
Bagian-bagian Laptop yang sudah dimutilasi

LCD yang Terhubung dengan Board
Kabel yang rusak sedang saya tahan/pijat/jepit Menggunakan Jempol dan telunjuk
LCD Menampilkan Layar saat saya menjepit Kabel yang rusak tsb

Ini dia Kabel yang bermasalah tsb



Setelah beberapa hari mencari Kabel pengganti melalui Toko-toko Online saya masih belum menemukan kabel yang sama, karena kemungkinan kabel tersebut memang tidak di jual, kecuali Kabel bekas Pakai dari Laptop yang sejenis, namun tetap saja yang bekas pun tidak saya temukan. karena tidak adanya kabel pengganti, saya mencoba membuka isolasi yang membungkus kabel tersebut yang mana hal ini beresiko memperparah keadaan karena bisa saja saat saya membuka isolasi tersbut akan ada bagian lain yang rusak saat saya membuka isolasi tersebut. Perlu diketahui Kabel yang rusak ini terdiri dari 6 Buah Kabel yang sangat-sangat kecil dan dibungkus menjadi satu menggunakan isolasi. dengan perlahan dan hati-hati saya membuka bungkusn/isolasi tersebut untuk mengecek Keadaan kabel-kabel tersebut. ternyata benar ada 3 kabel dari 6 kabel yang sudah Putus mungkin karena terjepit dibagian Kesing atau memang sudah umurnya yang sudah tua. dengan perlahan saya menyambungkan kembali kabel-kabel yang putus tersebut dan membungkusnya kembali menggunakan Isolasi. Syukurlah, akhirnya laptop kembali normal dengan adanya tampilan pada LCD/Layar Laptop tersebut 
Membuka Isolasi/Pembungkus Kabel yang bermasalah
Terlihat ada 3 Kabel yang putus dari 6

Bagian2 Laptop yang sudah di pasang kembali dan Laptop hidup normal Kembali


EmoticonEmoticon