14 May 2016

Setting Mikrotik Untuk Membatasi Youtube (Full Picture)

Tags

Setting Mikrotik Untuk Membatasi Youtube - kata Membatasi disini bukan bertujuan untuk Mem -block Youtube namun lebih ke arah mengatur / memanage Besaran alokasi bandwitch untuk traffic yang mengarah ke situs youtube.com walaupun sebenarnya tutorial ini bisa saja digunakan untuk melakukan block pada youtube.

FYI : Artikel Tentang Youtube dan Mikrotik ini sudah pernah saya Post sebelumnya, Namun saya Post kembali dengan Penulisan berbeda dan dilengkapi dengar Gambar agar lebih Mudah dipahami

FYI : Tutorial Ini saya Ambil dari Blog Saya yang Lama yaitu www.sekolah-jaringan.blogspot.com. Blog saya tersebut sudah tidak lagi saya gunakan yang menyebabkan saya harus memindah Isi artikel yang ada Blog tersebut Ke Blog saya Yang ini (catatan lamers). perlu diingat saya tidak Mencopy Paste dari Artikel Orang lain, Melainkan Dari Blog Saya Sendiri !!!!
Mikrotik yang saya gunakan untuk Tutorial ini adalah RB750
MikrotikOS Versi 5.26
Untuk mempraktekan tutorial ini kita hanya membutuhkan 3 Fitur yang ada di Mikrotik
Yaitu

  • Layer 7 Protocol
  • Firewall Mangle
  • Queue Tree

How To :
Login Ke Winbox
Membuat L7 Untuk Youtube dengan masuk ke menu IP - Firewall - Layer 7 Protocol , Selanjutnya Klik + (Tambah) . Pada kolom Name diisi Youtube dan di Kolom Regexp diisi = ^.+(c.youtube.com|googlevideo.com).*$



Setelah Membuat Layer 7 untuk youtube, selanjutnya adalah membuat Marking Koneksi dan Marking Packet untuk menandai Paket dan Koneksi youtube berdasarkan layer 7 yang telah kita buat tadi.
Membuat Marking Koneksi ( Mark Connection) Untuk Layer7 Youtube
Klik IP - Firewall - Mangle - di Tab General Klik + (Tambah)
Chain dipilih = Prerouting dan di Protocol dipilih = 6 (tcp) . Selanjutnya pindah ke tab Advanced (No 8)
Di Tab Advanced pada Kolom Layer 7 Protocol Pilih Youtube 
Selanjutnya Pindah Ke Tab Action (No 10). Di Kolom Action Pilih mark connection dan di kolom New Connection mark ketik Koneksi-Youtube . jangan lupa centang passthrough lalu klik OK
Selanjutnya membuat Marking Packet (Mark Packet)

Pembuatan Marking (Koneksi+Paket) Telah selesai, selanjutnnya membuat Queue untuk mengatur alokasi bandwitchnya
  • Membuat Queue Parent
  • Parent untuk Total-Download saya pilih ether2 / local

  • Selanjutnya membuat Queue untuk Youtube
  • dengan parent-nya Total-download



Selesai :D

10 komentar

ralat itu gan isi regex nya harus nya kaya gini:
^.+(c.youtube.com|googlevideo.com).*$

Oh ia tenkyu udah mengingatkan :D
ketinggalan tutup kurungnya

bos... saya sudah turuti semua ni jalannya, kok sampai pembuatan Marking Packet pada tab action (Mark Packet) actionnya mark packet trus pada waktu New Connection mark pilihan paket-youtube nya kok nggak adaya ya bos,,,.. ? dimana ya saya kelewatan ni tutornya..tolong dibantu...

Bikin rulesnya berurutan om
1. Marking Koneksi dulu (mark connection)
2. Baru Marking Paket nya (mark packet)

Hasil dari Marking Connection tadi (New Connection Mark) selanjutnya di masukan Ke Rules buat marking paketnya

Nah hasil dari Marking paket tersebut yang nanti di limit dari Queue Tree

kalo masih ga jalan, coba kontak saya via Facebook, nnti saya bantu settingnya lewat teamviewer gan :D

tapi ketika client pakai vpn kok rule tidak berlaku gan?

ia gan, sy jga ngalamin hal yg sama...
jadinya sya bikin rules baru di firewall-filter untuk ngeblock akses vpn
yaitu port : 1723,gre,5 00,4500,1701,ipsec-esp

Satu lagi.., ketika aktifkan cara ini.., buka gmailnya lemot.., malah kagak bisa dibuk..,idenya cemerlang cuman itu aja.., gmail nggak bisa dibuka...

ini nantinya yang dibatasi perHP yg ngakses youtube atau gimana gan??atau perlaptopke atau permax addressnya ke???

Keseluruhan trafic youtube gan,
klo mw dipisah atw mw dilimit per device yg di mangle tinggal trafic device nya


EmoticonEmoticon