02 May 2016

Penggunaan Perintah CMD Pada Jaringan Komputer

terdapat begitu banyak Perintah Command Pompt (CMD), namun sebagai administrator jaringan yang menggunakan Windows sebagai operating System (OS) maka mungkin tidak seluruhnya perlu untuk dipelajari, melainkan cukup beberapa perintah saja yang sangat sering digunakan dalam jaringan komputer.

1. PING

Perintah "PING" merupakan sebuah perintah yang berfungsi untuk mengirimkan paket ICMP ke sebuah HOST. penggunaannya cukup simpel namun manfaatnya begitu besar, karena dengan ping kita bisa mengetahui keadaan Host yang kita tuju dalam keadaan Up atau Down
untuk menggunakan ping cukup dengan mengetik ping (spasi) domain/Ip Address
Contoh 
  • ping www.google.com 
  • ping 8.8.8.8
  • ping facebook.com
  • ping 192.168.2.1 -t 
Ket : -t = Lakukan ping secara terus menerus

2. IPCONFIG

Ipconfig berfungsi untuk menampilkan Informasi IP Address pada Network adapter Laptop/PC kita

3. Traceroute/Tracert/

Fungsinya hampir sama dengan PING namun perintah ini dapat memberikan informasi jalur paket tujuan melewati mana saja. traceroute mengirimkan paket ke tujuan, dan sepanjang jalan meminta setiap router Internet  untuk membalas ketika dilewati. Ini akan menunjukan jalur koneksi antara komputer Anda dan tujuan. 
Perintah ini dapat membantu untuk troubleshoot masalah koneksi. Contohnya, jika Anda tidak dapat terhubung dengan server, menjalankan traceroute akan menunjukan jalur/hop yang bermasalah antara komputer Anda dan tujuan.  

4. NSLOOKUP

Perintah ini berfungsi untuk memberikan Informasi IP Address jika kita melakukan NSLOOKUP Kepada sebuah domain, sebaliknya NSLOOKUP akan memberikan informasi mengenai DOMAIN jika kita melakukan NSLOOKUP kepada sebuah IP Address

5. NETSTAT

Perintah ini berfungsi untuk menampilkan koneksi jaringan yang masuk dan keluar serta informasi jaringan lain. Ini tersedia di Windows, Mac, dan Linux – setiap versi memiliki opsi baris perintah sendiri Anda dapat men-tweak untuk melihat berbagai jenis informasi. 



EmoticonEmoticon