22 May 2016

Cara Setting Modem ADSL2 Gateway Linksys AG241 V2

Tags

Tulisan ini masih berhubungan dengan tulisan saya sebelumnya tentang "Pemilihan Adaptor" . Beberapa jam yang lalu sebelum saya menulis Artikel ini saya mengalami Kesalahan Pemilihan adaptor yang menyebabkan rusak dan tidak berfungsinya Switch saya,akhirnya saya coba bongkar gudang untuk mencari Sparepart yang mungkin bisa dipakai sementara untuk menggantikan fungsi switch yang rusak sebelumnya, dan ternyata yang bisa saya dapati di gudang hanyalah ADSL2 Linksys AG241 ini yang mana notabenenya perangkat ini berfungsi sebagai Modem, namun bukan berarti tidak bisa digunakan untuk menjadi switch,karena pada dasarnya Perangkat ini memiliki 4 Port LAN yang fungsinya sebagai Switch.

Yup masalah pun setengah teratasi, karena Fungsi switch yang sebelumnya diperankan Oleh D-LINK Model 1008A kini bisa digantikan oleh Linksys AG241 ini walaupun hanya untuk 4 Port Ethernet saja. ada sedikit rasa rugi yang dihati saya karena Perangkat yang tadinya ditujukan untuk fungsi yang lebih besar (Gateway) malah hanya saya gunakan menjadi Switch(Bridge). itulah yang mendasari saya menulis artikel ini, saya mencoba melakukan setting pada Linksys AG241 ini untuk difungsikan menjadi fungsi awalnya yaitu Modem ADSL. walaupun sebenarnya saya tidak membutuhkanya karena peran modem di tempat saya sudah diambil alih oleh modem ZyXel dari telkom.ya paling tidak saya bisa mendapatkan pengalaman melakukan Setting pada AG241 ini dan bisa dishare kepada teman-teman sekalian. 

Perlu diketahui, mungkin sekarang ini sudah agak jarang ditemui perangkat LinkSys ini karena seingat saya Modem tipe seperti ini digunakan di tahun 2009 dahulu, dan sekarang AG241 ini sudah mulai hilang dipasaran karena digantikan oleh modem-modem lain yang memiliki fitur-fitur yang lebih canggih, sebut saja beberapa merk modem TP-Link yang sudah dilengkapi dengan Wireless didalmnya sehingga tidak dibuthkanya lagi Perangkat Access Point Tambahan

Oke dari pada kepanjangan Ceritanya mending langsung Go :D

  • Nyalakan Modem LinkSys AG241 dengan memasang power adaptor dan dilanjutkan dengan menekan tombol Power On pada LinkSys AG241 ini
  • Hubungkan Kabel LAN pada Port AG241 dengan Laptop/PC anda
  • Atur IP PC/Laptop anda menjadi 192.168.1.2 karena IP AG241 defaultnya adalah 192.168.1.1
  • Buka Browser (Mozilla/Chrome) lalu buka 192.168.1.1 
  • selanjutnya masukan username & password default AG241 yaitu admin : admin
  • dihalaman Setup ikuti petunjuk dibawah ini
Encapsulation pilih RFC 2516 PPPoE
Multiplexing Pilih LLC
Qos Type Pilih UBR
Auto detect pilih disable
VPI 8 dan VCI 81
Isikan username yang diperloleh dari telkom dan passwordnya

  • Scrol kebawah untuk settingan selanjutny dan ikuti gambar dibawah ini
  • Cek Halaman Status untuk melihat status Koneksi anda 

Selesai :D


EmoticonEmoticon