25 April 2016

Semuanya Baru Kembali

Tags

Yup, Seperti judul post saya di atas, ini merupakan postingan pertama saya "LAGI" setelah sempat berhenti nge-Blog gara-gara kecewa sama Google.
Sedikit cerita tentang pengalaman saya nge-Blog, awalnya saya mulai nge-Blog pada tahun 2010, tujuan awalnya sih cuma sebagai tugas salah satu mata kuliah waktu kuliah dulu, isinya pun ga nyampe 10 postingan dan isinya cuma tugas-tugas kuliah berupa artikel-atikel yang keseluruhanya Full KOPAS.
di tahun 2012,saya mulai aktif kembali nge-Blog, mulai rajin Update postingan walaupun saat itu isinya lagi-lagi masih Kopas. intinya sih cuma pengen punya Blog yang rame pengunjung. namun bukanya rame pengunjung, malah Blog saya rame dengan para pemilik artikel yang saya kopas artikelnya. alhasil saya pun menghapus hampir seluruh isi blog yang postinganya saya kopas. saya pun mulai mengisi kembali blog tersebut dengan postingan-postingan original buat tangan saya. Seperti yang bisa diduga, Postingan yang berasal dari tangan sendiri gak semudah Kopas, karena untuk menulis sebuah postingan ternyata butuh pikiran dan waktu yang lumayan tidak singkat.

Seiring berjalannya waktu sudah tak terhitung lagi berapa banyak blog yang pernah saya Publish, mulai dari yang berplatform Blogger,Wordpress,Joomla,Drupal, Bahkan CMS yang Pure saya koding sendiri. bahkan di tahun 2012 saya sempat membuat sebuah Forum Belajar yang berplatform MyBB,walaupun sebelumnya sempat mencoba beberapa kali menggunakan CMS2 lain seperti PhpBB dan lain-lain. Seluruh isinya pun tak jauh dari tutorial-tutorial, mulai dari tutorial hacking,programming, networking, Source Code dan banyak lagi. Syukurlah, pengalaman di omelin saat kopas dahulu membuat saya rajin update postingan yang asli saya ketik sendiri, dan sebagian besar postingan tersebut didasari oleh kejadian asli yang pernah saya alami dan saya tulis kembali agar orang lain yang mempunya suatu problem dapat menemukan solusi dari pengalam-pengalaman saya tersebut.

Satu waktu di tahun 2013 saya baru mengetahui kalau ternyata Menulis dan mendatangkan pengunjung ke blog kita untuk membaca tulisan-tulisan yang ada di blog ternyata bisa mendatangkan Rupiah ya dengan menjadi publisher(Penayang) yang akan menayangkan iklan-iklan milik advertiser(Pengiklan) di blog kita. salah satu caranya adalah dengan mendaftarkan blog ke Google Adsense.

Saat itu, kira-kira tahun 2012-2013 untuk mendaftarkan blog/web kita ke Google Adsense terbilang rumit dan susah dikarenakan syarat untuk menjadi Publisher di GA (Google Adsense) sebuah blog haruslah berisi postingan yang berbahasa English. dan otomatis blog yang saya daftarkan ditolak Oleh pihak GA karena masalah Bahasa pada konten. saya pun kembali ke Jahiliyah , saya kembali melakukan kopas disana sini berbagai artikel yang isinya berbahasa inggris dengan maksud dan tujuan agar bisa diterima sebagai Publisher GA.

Entah kapan tepatnya blog yang saya daftarkan tersebut akhirnya di Approve oleh Google, dan secara resmi saya pun menjadi publisher iklan dari Google Adsense. saya pun menghapus kembali post yang berbahasa inggris yang pernah saya kopas untuk mendaftarkan blog Ke Google dan saya pun kembali menulis seperti biasanya tanpa ada kopas lagi.

Seiring berlalunya waktu, postingan di blog saya semakin banyak, dan mulai mendatangkan pengunjung, walaupun dalam sehari belum menembus 1k Visitor. Mengecek pendapatan dari Google menjadi rutinitas sehari-hari saya, namun ternyata pendapatan saya dalam sebulan masih sangat mengecewakan. bagaimana tidak, dalam sebulan saya hanya mampu mendapatkan $3 - $5, jika dirupiahkan kira-kira sekitar Rp.40.000 s/d Rp70.000 dalam Sebulan . Selain rajin mengupdate post/konten saya pun mencoba peruntungan lain guna mendongkrak pendapatan dari GA yaitu dengan membuat sebuah Channel di Youtube dengan isi video-video tutorial yang semuanya saya buat sendiri. dan terbukti dengan adanya Channel Youtube, pendapatan saya mulai bertambah secara perlahan, dan puncaknya pada tahun 2015 saya lupa bulan berapa akhirnya saya bisa payout/Menerima penghasilan pertama dari Google Adsense setelah berjuang kira-kira selama 2-3 Tahun. bukan waktu yang singkat memang,dan penghasilanya pun tidak seberapa banyak yaitu kira-kira $120 namun semenjak itu pendapatan saya dari Blog dan Youtube sudah mampu menembus $20 sampai $50 perbulanya. Namun disinilah kekecewaan saya berasal, bagaimana tidak, disaat Saldo GA saya sudah mencapai sekitar $200 tiba-tiba diawal tahun 2016 saya mendapatkan berita buruk dari Google yaitu dihapusnya Channel Youtube saya dan akun Google Adsense saya pun Ikutan dibanned /Disabled, padahal waktu gajian tinggal menghitung hari. apalah daya saya,untuk protes pun kayaknya mustahil untuk saya lakukan.

Setelah sebulan lebih saya berhenti dari GA karena rasa kecewa, saya pun kembali mencoba keberuntungan untuk kembali memulai dari awal yaitu dengan membuat Blog baru serta Channel Youtube baru dengan harapan saya bisa kembali akrab dengan Google. saat itu saya membuat beberapa Blog dengan Niche yang berbeda-beda, tidak seperti blog lama saya yang terkesan Gado-gado karena dalam 1 blog saya membahas begitu banyak hal. tujuanya simpel, 1 blog dgn 1 niche akan lebih mudah di urus dan memudahkan visitor untuk fokus ke 1 niche saja. selain itu tujuanya saya membuat blog per niche adalah pendapatan yang pastinya lebih gede ketimbang hanya punya 1 Blog.

Sama halnya dengan 1 Blog 1 Niche, saya pun kembali membuat beberapa channel Youtube yang berbeda-beda niche dengan alasan yang sama pula seperti saya membuat Blog

ternyata cara ini termasuk efektif untuk mendapatkan $ dari Google namun cara ini kurang efektif dalam pengelolaanya, karena saya harus menulis artikel sesuai niche di 1 blog dan ini memakan waktu yang lumayan lama.

akhirnya kejadian sebelumnya pun terjadi kembali, Akun GA saya kembali di banned. karena kehilangan GA saya pun menjual beberapa blog saya ke orang lain karena sudah capek dan malas mencari Gaji dari GA.
suatu ketika terbesit dikepala saya untuk bermain curang dengan GA, karena alasan "Yang Main Baik saja pasti kena Banned" jadinya saya pun kembali bermain GA dengan cara pintas (baca : Curang) tanpa harus mengisi konten diblog ataupun Mengupload video di Youtube.

Dan syukurnya, trik ini sangat berhasil, dalam sehari saya bisa mendapatkan sekitar Rp50.000 sd Rp700.000 dan sampai hari ini cara yang saya lakukan ini masih tebilang Aman karen sejauh ini saya tidak di Banned lagi oleh Google, bisa anda hitung sendirilah berapa yang saya dapat dalam sebulan.  saat ini saya mempunyai beberapa Akun GA dan pendapatan perbulan kira Rp.2.000.000 Per akun. hal ini saya lakukan untuk menghindari kecurigaan Google, karena jika dalam sebuah Akun mendapatkan di atas 5.000.000 pastilah Google akan mulai menaruh perhatian ke saya dan akan mencurigainya karena pendapatan yang saya terima tidak sebanding dengan Nilai Blog ataupun Channel Youtube yang saya miliki
Berikut saya perlihatkan beberapa akun GA saya





Kembali ke topik awal, Blog ini saya buat hanya sekedar untuk mengisi waktu luang saja, saya berniat untuk tidak Me-Monetize blog ini, karena pendapatan saya tanpa nge-blog aja sudah cukup lah :D
Namun tidak menutup kemungkinan blog ini akan saya monetize suatu saat nanti.
Jadi nantinya blog ini akan saya isi dengan konten-konten yang pernah terjadi di kehidupan nyata saya.





This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon