30 April 2016

Tutorial Re-Installing Mikrotik RB941-2nD-TC dengan NetInstall

Tags

Tutorial Re-Installing Mikrotik RB941-2nD-TC dengan NetInstall. Tutorial Re-Installing,install mikrotik Mikrotik,RB941-2nD-TC dengan NetInstall. Seperti biasa, postingan saya kali ini berdasarkan pengalaman pribadi, dan sebelum masuk pembahasan saya ingin sedikit menceritakan kisah ini :D (Yang ga suka Baca bisa langsung skip)

Ceritanya bermula saat ada teman saya yang baru membeli sebuah Mikrotik RB941-2nD-TC, dan ia meminta saya untuk mengkonfigurasi RB tersebut melalui remote desktop Teamviewer dikarenakan teman saya jauh dari tempat saya. tak sampai 5 menit saya sudah selesai mengkonfigurasinya dengan settingan standart, rename Ethernet, Pemberian IP pada Ethernet, Setting Gateway,DNS, DHCP dan Hotspot, Serta Wireless. jujur saja, sebelumnya saya belum pernah mengkonfigurasi Mikrotik yang ada Wirelessnya, namun syukurlah ternyata cukup mudah saja. dan Mikrotik itu sudah bisa digunakan walaupun belum dikonfigurasi Firewall dan Queuee.

Esok harinya teman saya menghubungi saya kembali, katanya Mikrotiknya Rusak, saya coba kembali remote melalui Teamviewer, ternyata Mikrotiknya tidak rusak, hanya saja dia mencoba untuk mengupgrade RouterOsnya, yang sebelumnya Versi 5 menjadi Versi 6. alhasil yang tadinya di menu winbox ada Wireless kini hilang. saya mencoba Downgrade kembali ke Versi 5, namun gagal. karena Ruang Penyimpanan Total RB941 ini cuma 16Mb, dan sudah terpakai 12Mb. File NPK Untuk RouterOS Versi 5 berukuran 11Mb, walaupun saya sudah menghapus semua file yang ada di mikrotik namun tetap saja Ruang untuk menaruh File NPK belum cukup.

Saya Coba menguninstall dan menghapus Package yang ada dengan harapan bisa tersedia ruang lebih agar saya bisa mengupload File NPK RouterOS V5. namun petaka yang terjadi. Setelah saya menghapus Package dan melakukan reboot, mikrotik tidak bisa terdeteksi lagi dari winbox. di Ping pun tidak ada respon.

saya memintanya untuk membawanya langsung ke tempat saya agar bisa saya pelajari dahulu apa penyebab dan solusinya. saya mencoba mereset RB941 tersebut seperti layaknya RB750 atau yang lainya yaitu dengan menekan tombol Reset lalu mencolok Power selanjutnya melepas Tombol Reset saat LED Act berkedap kedip. namun cara ini gagal. cara selanjutnya saya melepas Casing RB941 ini dan mencari Lubang jumper untuk meresetnya, namun ternyata RB941 ini tidak tersedia Lumbang jumper itu.

Entah kenapa dari awal saya tidak mengingat "NetInstall", padahal dengan netinstall itu sama dengan kita menginstall Windows secara keseluruhan, yang berarti melalui Netinstall kita akan menghapus seluruh isi Mikrotik dan mengisinya dengan Sistem yang baru. berdasarkan Pengalaman saya waktu menginstall RB750, untuk mengisntall mikrotik menggunakan Netinstall adalah seperti ini

  1. Download Netinstall
  2. Download RouterOS sesuai Perangkat kita 
  3. Jalankan Netinstall
  4. Atur IP Address Laptop yang kita gunakan (ex: 192.168.88.3)
  5. Di NetInstall Klik Net Booting Lalu isi IP (ex : 192.168.88.9)
  6. Colok Lan dari Leptop Ke Mikrotik dalam keadaan Kabel Power Mikrotik belum terpasang.
  7. Tekan dan tahan Tombol Reset Mikrotik
  8. Sambil masih menahan Tombol reset, Colok Kabel Power Mikrotik
  9. Masih tetap tahan tombol Reset sampai Tampilan di NetInstall mendeteksi adanya mikrotik
  10. Browse File NPK yang kita download tadi
  11. Klik Install
  12. Selesai.
Namun cara diatas ternyata gagal saya terapkan di RB941-2nD-TC ini. karena Netinstall tidak Mendeteksi Mikrotik.

Dan setelah ,mencoba beberapa kali, akhirnya saya menemukan solusinya yaitu seperti ini
  1. Sama seperti Nomor 1-5 pada Cara di atas.
  2. Colok Kabel Power Mikrotik bersamaan dengan menekan tombol reset
  3. Colok Kabel Lan dan lepaskan tombol reset saat tampilan di Netinstall Berubah
  4. sama dengan Nomor 10-12
Jadi perbedaan dari kedua cara diatas hanya pada waktu menekan tombol reset dan mencolok kabel LAN

satu hal lagi yang penting
Setelah saya analisa, penyebab hilangnya menu wireless pada mikrotik saat setelah di upgrade adalah kesalahan yang di lakukan karena salah memilih package dari situs www.mikrotik.com . perhatikan gambar dibawah
Yang saya garis bawahi, itu package yang digunakan teman saya waktu melakukan upgrade. awalnya menurut saya package yang dia pilih sudah benar. karena disitu ada tulisan RB9xx yang menurut saya sudah termasuk RB941 ini. namun saya coba browsing di Situs www.routeros.co.id ternyata ada yang berbeda.

Perhatikan, disitu dijelaskan untuk RB941 package yang digunakan adlah yang bertuliskan "smips" bukan MIPSBE seperti pada gambar dari situ mikrotik.com

Hasilnya kini RB941-2nD-TC sudah bisa disetting kembali :D

Menu Wireless dan Capsman yang sebelumnya tidak ada saat menggunakan Package MIPSBE dari www.mikrotik.com kini sudah ada setelah menggunakan package "SMIPS" dari www.routeros.co.id

NB : Tulisan Ini Saya Copas dari Blog lama saya 

1 komentar so far

gan itu ip yang diisi ip selagi connect ke wifinya ?


EmoticonEmoticon