30 April 2016

DIY - Buat Antena Omni Anda Sendiri Dirumah

Tags

Sebelum mulai, perlu di ingat bahwa antena ini tidak bisa saya jelaskan secara detail tentang cara kerjanya maupun pengukuran DB dan lain-lain dikarenakan antena ini saya buat hanya ala kadarnya berdasarkan beberapa tutorial yang saya dapatkan sewaktu surfing di beberapa website, namun dari hasil yang saya dapatkan,bisa saya katakan bahwa antena ini berfungsi seperti apa yang saya inginkan.

Bahan yang saya gunakan

  1. Kabel Coax RG 6 (TV Kabel) dengan panjang sekitar 2m, Namun saat saya menuliskan post ini saya sedang mencoba membuat kembali dengan menggunakan kabel Coax RG 11, Resultnya nanti akan saya share di post selanjutnya
  2. Pipa Paralon, Lupa saya ukuranya berapa, ya diseuaikan saja untuk panjangnya bisa diseuaikan dengan panjang kabel, jika lebih kan nanti bisa dipotong
  3. Konektor N Female
  4. Pipa Kapiler AC 0,6mm (Ukuran ini berdasarkan Tutorial di google). sebelumnya saya sudah pernah mencoba mengganti pipa kapiler ini dengan alumunium foil. pernah juga sya menggunakan Potongan kaleng minuman soda yang saya potong sesuai ukuran dan saya buat berbentuk bulat seperti pipa kapiler. dan hasilnya pun berfungsi, namun saya lupa untuk membandingkan kulitas signal antara Kapiler,Alumunium dan Kaleng Soda.
  5. Kuningan Las, Entah apa namanya yang biasa di pake buat ngelas kuningan, Namun jika tidak punya bisa menggunakan alternatif lain.
  6. Tutup Pipa Paralon
  7. Kabel LAN
Alat Yang saya gunakan
  1. Alat Potong Pipa
  2. Alat Las
  3. Isolasi
  4. Radio Access Point, saya menggunakan Bullet2mhp, namun jika anda menggunakan radio lain, seperti WA5210G maka anda membutuhkan Kabel pigtail, pada intinya anda bisa menggunakan radio apasaja
Pengerjaan
  1. Kabel Coax di potong dengan Panjang 6,7cm sebanyak 24 buah
  2. Kabel yang telah di potong2 tadi di kupas kulit luarnya dan serabut2nya, sehingga yang tersisa hanyalah lapisan pelindung kabel berwarna putih
  3. Gambar saya ambil dari google
  4. setelah di kupas, setiap ujung2 kabel di kupas Lapisan Putihnya sepanjang 1cm sampai terlihat kabelnya, sehingga panjang Lapisan yang berwarna putih tersisa 4.7cm 
  5. Gambar Saya Ambil dari Google

  6. Potong pipa Kapiler sebanyak 24 buah dengan panjang 4.7cm 
  7. masukan ke 24 potongan kabel tadi kedalam pipa kapiler
  8. hubungkan ke 24 kabel yang telah di masukan ke dalam pipa secara zigzag menggunakan alat las
     
  9. Hubungkan salah satu ujung kabel yang sudah disambungkan tadi ke N Connector
  10. Masuk seluruh rangkain kabel kedalam Pipa Paralon
  11. Dan Hasilnya Seperti dibawah ini








Result : Antena ini saya taruh 8 Meter di atas tanah dengan Power dari Bullet Sebesar 20Dbm, untuk menguji luas coverage signal saya mencoba berjalan sejauh kurang lebih 100 meter dan signal yang saya dapatkan adalah 2 Bar, saya mencoba berjalan mengelilingi antena dari jarak 100 meter, untuk memastikan bahwa coveragenya 360 derajat dan hasilnya benar saja, antena ini sudah menyebar seluas 360 derajat sejauh 100 m. saat saya naikan power menjadi 26dbm jangkauan signal menjadi kurang lebih 150 Meter. kedepanya saya akan coba untuk memodifikasi antena ini siapa tahu jarak yang bisa di jangkau bisa menjadi lebih luas

1 komentar so far

untuk gelombangnya ini jadi gelombang 5 kah?


EmoticonEmoticon